23 Ciri-Ciri Jodoh Sudah Bertemu, Jangan-Jangan Dia Ada di Dekat Kamu!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 24 Oktober 2023 21:34
23 Ciri-Ciri Jodoh Sudah Bertemu, Jangan-Jangan Dia Ada di Dekat Kamu!
Ciri-ciri jodoh ini kadang harus dicari dan diperjuangkan, karena jarang banget nih seseorang hadir langsung dengan kesempurnaannya.

Ciri-ciri jodoh tak selalu nampak jelas terlihat. Dia tak selalu hadir layaknya pangeran berkuda putih atau dalam bentuk dramatis ala film. Nggak ada rumus paten untuk menentukan apakah dia jodohmu atau bukan. Bahkan kadang, jodoh adalah sesuatu yang diusahakan, seperti misalnya menyebut namanya dalam doa.

Tapi apakah kita memperjuangkan seseorang yang sudah tepat atau dia hanya kebetulan lewat? Nah, ada beberapa ciri-ciri jodoh yang bisa kamu lihat pada diri seseorang.

Eh tapi ingat ya, ciri-ciri jodoh yang bakalan Diadona bahas kali ini bukan sesuatu yang saklek. Semuanya tergantung pada kondisi masing-masing pasangan : berlaku untuk pasangan yang satu tak berarti bisa dilakukan pada pasangan yang lain.

Yang bisa kamu lakukan dengan ciri-ciri jodoh ini adalah untuk melihat apakah kalian punya kompatibilitas hidup bersama atau tidak. Seperti apa sih?

1 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Sudah Bertemu Jodoh

Ciri-Ciri Jodoh © Diadona

Sudah bertemu dengan seseorang tapi ragu apakah dia the one? Cobain deh cari ciri-ciri jodoh dalam dirinya berikut ini:

Punya Kesamaan Nilai

Menurut seorang Psikoterapis, Kara Lissy, pasangan yang punya kesamaan tentang nilai-nilai keluarga, spiritualitas, perkembangan pribadi dan juga kesehatan, cenderung akan lebih bertahan lama.

Misalnya gini nih, setelah kalian mengobrol ternyata kalian punya pandangan yang berbeda tentang perawatan kesehatan, contohnya kamu yang lebih memilih pengobatan medis sedangkan dia lebih nyaman dengan pengobatan alternatif. Nah, bila di masa depan nantinya kalian sedang sakit, perbedaan ini bisa memunculkan konflik lho!

Konflik yang Sehat

Namanya hubungan pasti ada aja masalah. Tapi, gimanakah penyelesaiannya? Apakah dituntaskan dengan cara yang sehat dan dewasa?

Seseorang yang dengannya kamu bisa menjalani konflik yang sehat bisa jadi ciri-ciri jodoh karena itu tandanya kalian memiliki komunikasi yang baik, bisa mengekspresikan perasaan dengan nyaman dan punya kedewasaan pemikiran. Big no banget deh kalau ternyata dia sering menghina setiap kali ada masalah atau mengulang-ulang alasan yang sama.

Ciri-Ciri Jodoh Sudah Bertemu © Diadona

Mandiri Satu Sama Lain

Cinta membuat kita tak bisa hidup tanpanya? Eits, tunggu dulu. Justu ciri-ciri jodoh adalah dimana masing-masing individunya punya tingkat mandiri yang sehat. Maksudnya seperti apa sih?

Dalam suatu hubungan, akan sangat baik kalau ada dukungan dan timbal balik, bukannya satu orang yang menggantungkan semuanya kebutuhan emosionalnya pada pasangannya. Misalnya nih dengan tidak menggantungkan kebutuhan emosionalnya kepada pasangan. Seperti minta terus dipahami dan dimengerti, dirayu ketika sedang marah dan lain sebagainya.

Ciri-ciri jodoh adalah ketika masing-masing pihak tumbuh dan berkembang bersama dan berusaha untuk saling menyokong satu sama lain.

Bisa Terbuka dan Jujur Satu Sama Lain

Salah satu hal yang penting dalam suatu hubungan adalah kejujuran. Dan adalah suatu hal yang menyiksa ketika seseorang nggak bisa jujur dengan pasangannya bahkan untuk hal-hal yang kecil.

Ilustrasi Ciri-Ciri Jodoh Sudah Bertemu © Diadona

Chemisty Seksual yang Baik

Ini penting banget! Salah satu ciri-ciri jodoh adalah ketika ada kesamaan gairah seksual. karena yah, kita kaan hidup bersama dalam waktu yang lama dengan orang tersebut kan?

Merasa Aman

Apakah kamu merasa kamu akan aman bersamanya? Merasa tidak akan disakiti, tidak akan dikhianati? Itu bisa jadi ciri-ciri jodoh. Karena menjalani hubungan dengan rasa insecure itu nggak sehat banget sist!

2 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Jodoh Kita

Ciri-Ciri Jodoh © Diadona

Seseorang tak akan berubah hanya karena dia sudah menikah. Sebelum kita salah langkah, coba cari tahu apakah gimana ciri-ciri jodoh berikut dengan kepribadiannya.

Saling Menghormati

Seorang pasangan harus menghormati perasaan dan pemikiran pasangannya, bukan malah meremehkannya atau mengganggapnya tak ada.

Menyeimbangkan Satu Sama Lain

Ciri-ciri jodoh bukan berarti harus sama plek ketiplek, tapi saling melengkapi. Mungkin malah suatu pasangan adalah pribadi yang berbeda, tapi bila bersama, mereka saling melindungi dari sifat jelek masing-masing, saling bertumbuh menjaid pribadi yang baik.

Saling Memperjuangkan Hubungan

Namanya hubungan tak elalu mudah, makanya dibutuhkan dua orang yang sama-sama berjuang. Nah, itu melibatkan kompromi, komunikasi dan memperbaiki diri. Pertanyaannya, apakah ini dilakukan oleh kedua belah pihak atau satu sisi saja?

Ilustrasi Ciri-Ciri Jodoh Sudah Bertemu (3) © Diadona

Memahami Bahasa Emosional Satu Sama Lain

Apakah kamu tahu bahasa cinta? Yaitu cara bagi seseorang untuk mengekpresikan gimana perasaan cintanya ke orang lain. Juga tentang gimana seseorang ingin dicintai. Meski setiap orang berbeda, tapi pastikan kamu mengetahui dan memahami bahasa cinta pasanganmu ya!

Ada lima bahasa cinta, yaitu Words of Affirmation yakni bahasa cinta dengan kata-kata, quality time, menerima hadiah, acts of service alias tindakan atau pysical touch.

Mengaplikasikan bahasa cinta sesuai dengan apa yang diinginkan seseorang akan membuat dia merasa dicintai. Bila bahasa cintamu adalah quality time, dia harus paham nih bahwa kamu ingin dicintai dengan cara memberikan banyak waktu bersama.

Sebaliknya, bila bahasa cintanya adalah receiving gift, maka dia bakalan ngerasa dicintai ketika kamu memberikan hadiah atau perhatian kecil. Jangan smpai masing-masing dari kalian tak merasa dicintai hanya karena tak ada komunikasi tentang bahasa cinta ya.

Punya Chemistry yang Kuat

Apakah bersamanya membuat kamu seperti merasakan kupu-kupu terbang di perut? Apakah saat kalian mengobrol, terasa sangat nyambung dan terkoneksi. Ini adalah cara mudah untuk tahu ciri-ciri jodoh kalian.

3 dari 5 halaman

Ciri Jodoh Sudah Dekat

Ciri-Ciri Jodoh © Diadona

Seperti lagunya Raffi Ahmad dan Nagita Slavina : Buat apalah susah cari kesana kesini. Sudah di depan mata, kamulah takdirku. Nah, siapa tahu jodohmu ternyata adalah orang di dekatmu. Cari tahu, seperti ini nih ciri-ciri jodoh.

Saling Memotivasi

Sebagai seorang pasangam memang sih kita harus menghormati dan menghargai pasangan kita. Tapi ciri-ciri jodoh adalah seseorang yang juga bisa mendorong pasangannya untuk menjadi lebih baik dalam hal apapun. Kalau katanya Tulus sih, jangan cintai apa adanya. Yuk tumbuh bersama, mungkin seperti itu maksudnya.

Kamu menjadi Dirimu Sendiri

Saat kamu menjadi dirimu sendiri, apakah dia tetap mencintaikamu? Saat kamu mengeluarkan lelucon terbaikmu, saat kamu melakukan kebiasaan anehmu dan berbagi hal-hal konyolmu, apakaah dia tetap menetap?

Ciri-ciri Jodoh Sudah Bertemu © Diadona

Mendukung Impian Kamu

Bersamanya, kamu merasa tak lagi meninggalkan impian-impianmu. Dia bahkan rela berkorban agar kamu bisa mendpatkan apa yang kamu mau dalam hidupmu.

Dia suka Menghabiskan Waktu Denganmu Meskipun Cuman Beberapa Menit

Baginya, meluangkan satu waktu di sela harinya yang sibuk untuk bersamamu adalah sesuatu yang menyenangkan.

Ciri-ciri Jodoh © Diadona

Dia Tidak Emosinal dengan Mantanmu

Karena yah buat apa? Ciri-ciri jodoh yang menenangkan adalah dia menerima mantanmu sebagai bagian dari masa lalu. Adalah salah satu ciri-ciri jodoh bila dia nggak terganggu dengan sesuatu yang tidak bisa kamu ubah dan dia mempercayai kamu.

Coba bayangin kalau dia terus menerus cemburu dengan mantanmu padahal kalian tidak pernah berhubungan, ribet bukan?

Dia Membuat Kamu Tertawa Tapi Juga Bisa Serius

Ada keseimbangan antara humor dan keseriusan dalam hubungan. Dia bisa membuat kamu tertawa tapi juga teman diskusi membicarakan kehidupan.

Ciri-ciri Jodoh Sudah Bertemu © Diadona

Punya Visi dan Misi Bersama

Dia nggak akan main-main denganmu. Kalau kamu amsih ragu apakah seseorang serius denganmu, sebagai ciri-ciri jodoh, coba deh kamu tanya apa yang akan dia lakukan di masa depan. Apakah melibatkanmu? Apakah kalian punya kesamaan arah dan tujuan?

Dia Adalah Kekuatan Positif dalam Hidupmu

Jangan sampai deh kamu bersama dnegan seseorang yang negatif, yang terus menerus mengeluh tentang hidup. Yah mengeluh sih boleh, tapi kalau terlalu sering dan tak ada niat untuk membuat kondisi lebih baik, hal itu malah bisa jadi energi negatif juga untukmu lho.

Salah satu ciri-ciri jodoh adalah dia yang membuat kamu melihat hal positif bahkan di situasi yang berat. Hidup udah keras, jangan bersama dengan seseorang yang membuat kamu jadi susah waras.

 

4 dari 5 halaman

Ciri-ciri Jodoh Menurut Islam

Ciri -ciri Jodoh © Diadona

Kalau kamu masih kurang yakin dengan ciri-ciri jodoh di atas, mungkin kamu perlu menengok bagaimana Islam membahasa tentang jodoh.

Merupakan Cerminan Diri

Diazens, kamu pasti sudah sering mendengar kalau jodoh merupakan cerminan diri sendiri. Pernyataan ini diperkuat oleh QS An-Nur ayat 26 sebagai berikut.

 وَٱلطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَٰتِۚ أُوْلَٰٓئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَۖ لَهُم مَّغۡفِرَةٞ وَرِزۡقٞ كَرِيمٞ ٱلۡخَبِيثَٰتُ لِلۡخَبِيثِينَ وَٱلۡخَبِيثُونَ لِلۡخَبِيثَٰتِۖ وَٱلطَّيِّبَٰتُ لِلطَّيِّبِينَ وَٱلطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَٰتِۚ أُوْلَٰٓئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَۖ لَهُم مَّغۡفِرَةٞ وَرِزۡقٞ كَرِيمٞ

“ Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula).

Dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).

Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga),” (QS An-Nur : 26).

Maksud dari ayat di atas adalah kalau ingin mendapat jodoh sesuai apa yang diinginkan, kamu harus berusaha untuk memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik.

Nah, kalau kamu terus memperbaiki diri, maka sangat mungkin bagi Allah untuk mempertemukan kamu dengan jodoh yang baik pula. 

Merasa Cukup

Kalau kamu merasa cukup saat bersama dengan pasangan, mungkin itu tanda bahwa dia adalah jodohmu. Pada dasarnya, tidak ada manusia yang sempurna. Namun, kalau kamu bisa menerima pasanganmu apa adanya dan merasa cukup atas apa yang kalian miliki dan jalani selama ini, maka dia adalah orang yang tepat untukmu.

5 dari 5 halaman

Ciri-ciri Jodoh sudah Dekat © Diadona

Merasakan Ketenangan Hati

Ciri-ciri jodoh dalam Islam yang selanjutnya dapat dilihat pada QS Ar-Rum ayat 21, Diazens. 

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

“ Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir. (QS Ar-Rum : 21).”

Maksud dari ayat tersebut adalah kalau ketika memandang, berkomunikasi, dan berdekatan dengan pasangan membuat kamu merasakan ketenangan hati, maka itu adalah tanda bahwa dia merupakan orang yang tepat untukmu.

Dimantapkan dengan Salat Istikharah

Salat Istikharah merupakan salah satu bentuk usaha yang dilakukan untuk meminta jawaban terbaik dari Allah. Kalau kamu merasa ragu apakah dia orang yang tepat untukmu, mintalah jawaban pada Allah dengan Salat Istikharah. Jawaban dari Salat Istikharah bisa melalui bermacam-macam cara. Misalnya, ada yang menerima jawaban lewat mimpi, dipermudah prosesnya, atau diyakinkan melalui ucapan orang lain. 

Jawaban dari Salat Istikharah akan memberi keyakinan dan kemantapan hati bahwa seseorang itu adalah jodoh kamu. Mungkin yang awalnya kamu merasa ragu dan takut, setelah mendapat jawaban dari Salat Istikharah kamu jadi lebih yakin dan bersyukur pada Allah.

Beri Komentar