Tata Cara Sholat Istikhoroh untuk Jodoh agar Langsung dapat Petunjuk

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 9 Januari 2020 13:14
Tata Cara Sholat Istikhoroh untuk Jodoh agar Langsung dapat Petunjuk
Jangan bingung untuk menjalani kehidupan. Kembalikan segalanya kepada Allah SWT., begitu juga dengan urusan jodoh

Hidup memang penuh dengan pilihan. Nggak sedikit juga yang merasa tertekan untuk memilih jalan hidup mana yang sebaiknya mereka pilih.

Sebagai umat muslim yang taat, sudah sebaiknya kita menyerahkan segala sesuatunya terhadap Allah SWT. Maka jika sedang kebingungan, ada baiknya untuk melakukan tata cara sholat istikhoroh yang benar sesuai anjuran islam.

Jadi, bagaimana melakukan sholat istikhoroh itu? Dirangkum dari berbagai sumber, simak artikel berikut, ya!

1 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Istikhoroh untuk Jodoh

Allah SWT. menciptakan manusia berpasang-pasangan. Maka, nggak sedikit umat islam yang melakukan tata cara sholat istikhoroh untuk mendapatkan petunjuk siapa jodoh atau siapa yang seharusnya ia pilih untuk menjadi pendamping hidup.

1. Bersuci

Tata cara sholat istikhoroh pertama tentu saja bersuci, seperti halnya ketika kamu hendak melakukan sholat lainnya.

2. Niat

Semua berawal dari niat. Tanpa melakukan tata cara sholat istikhoroh ini, tujuanmu bisa nggak tercapai.

3. Melakukan Sholat Istikhoroh

Melakukan tata cara sholat istikhoroh sama saja seperti sholat sunnah lainnya. Namun, surah pendek yang dianjurkan untuk dibaca pada rakaat pertama adalah surah Al-Kafirun, sedangkan untuk rakaat kedua adalah Al-Ikhlas.

4. Membaca Doa Sholat Istrikhoroh

Doa adalah tata cara sholat istikhoroh yang paling penting. Di sini, kamu memohon kepada Allah, curhat saja kepada-Nya apa yang kamu bingungkan. Namun, ada juga bacaannya jika kamu mau.

2 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Istikhoroh Langsung dapat Petunjuk

Banyak orang yang melakukan tata cara sholat istikhoroh dan ingin langsung dapat petunjuk. Meski pada dasarnya umat muslim harus bersabar agar doa-doa terjabah, langsung mendapatkan petunjuk setelah melakukan istikhoroh bukanlah hal yang nggak mungkin.

Semua bisa terjadi asal kamu yakin, berusaha, dan berserah diri kepada Allah. Namun, tentu saja ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan agar kamu cepat mendapatkan petunjuk.

Misalnya saja waktu saat melaksanakan tata cara sholat istikhoroh. Waktu yang dianjurkan untuk melakukan tata cara sholat istikhoroh adalah malam hari, yang kemudian dilanjutkan dengan tidur.

Karena, biasanya petunjuk kemudian datang melalui mimpi. Namun hal ini nggak pasti. Bisa jadi datang dengan tanda-tanda yang muncul dalam keseharian, bahkan hati yang tiba-tiba mantab akan sebuah pilihan.

3 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Istikhoroh dan Bacaannya

Melakukan tata cara sholat istikhoroh nggak jauh berbeda dengan melakukan sholat sunnah lainnya, begitu juga dengan bacaannya. Bagaimana melakukan tata cara sholat istikhoroh dan bacaannya?

1. Niat
2. Takbiratul Ihram dan membaca doa iftitah
3. Membaca al-Fatihah
4. Membaca surah pendek (dianjurkan al-Kafirun di rakaat pertama, dan al-Ikhlas di rakaat kedua)
5. Ruku' dan membaca doa ruku'
6. I'tidal dan membaca doa i'tidal
7. Sujud dan membaca doa sujud
8. Duduk di antara dua sujud dan membaca doa duduk di antara dua sujud
9. Sujud dan membaca doa sujud
10. Tahiyat akhir dan membaca doa tahiyat akhir
11. Salam
12. Tertib dan Tuma'ninah
13. Do'a

4 dari 4 halaman

Tata Cara dan Doa Sholat Istikhoroh

Seperti misalnya sholat dhuha, tata cara sholat istikhoroh pun sebaiknya diikuti dengan doa istikhoroh itu sendiri. Bagaimana doa istikhoroh itu?

1. Niat

" Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa."

Artinya:
Aku niat shalat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala

2. Doa setelah Sholat Istikhoroh

“ Allaahumma inni astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as aluka min fadlikal ‘aziimi fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul guyuub.”

“ Allaahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro (…..) khairul lii fii diinii wa ma’aasyi faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fii hi wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii wa ‘aajlihii fashrifhu ‘annii wasrifnii ‘anhu waqdurhu liyal-khaira haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bihi.”

Artinya:

“ Ya Allah, aku meminta petunjuk kebaikan-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon keputusan-Mu dengan qudrat-Mu dan aku meminta dengan karunia-Mu yang besar, karena sesungguhnya Engkau yang berkuasa sedangkan aku tida berkuasa. Engkau Yang Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui dan Engkau Yang Maha Mengetahui segala yang gaib.

“ Ya Allah, sekiranya engkau ketahui bahwa (sebutkan Pilihan yang dihadapi) baik untukku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir dari perkaraku ini, maka takdirkanlah ia untukku, mudahkanlah ia, lalu berkahilah aku padanya.”

Tambahan doa:

“ Ya Allah, dan sekiranya engkau mengetahui buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir dari perkaraku ini, maka hindarkanlah aku darinya, kemudian takdirkanlah untukku kebaikan bagaimanapun adanya, lalu berilah aku keridhaan dengannya.” (HR. Ahmad dan Bukhari).


Begitulah bagaimana melakukan tata cara sholat istikhoroh yang benar. Kira-kira, kamu minta petunjuk apa sama Allah SWT.? Sharing di kolom komentar, yu

Beri Komentar