Tetap Hamil Meski Sudah Minum Pil KB, Mungkin Nggak sih?

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 6 Agustus 2020 19:30
Tetap Hamil Meski Sudah Minum Pil KB, Mungkin Nggak sih?
Apa ya penyebabnya?

Pasti Moms sudah sangat akrab ya dengan pil KB. Pil KB memang jadi salah satu metode kontrasepsi yang cukup banyak dipilih wanita dalam mencegah kehamilan.

Meski begitu, sayangnya nggak sedikit juga Moms wanita yang "kecolongan" hamil meski sudah mengonsumsi pil KB. Lalu, apa sih penyebabnya? Simak yuk Moms ulasannya yang dilansir dari Healthline ini.

1 dari 4 halaman

Illustrasi Pil KB © Diadona

Meski pil KB punya tingkat keberhasilan yang tinggi, tapi tetap aja Moms ada kemungkinan bisa gagal dan " kebobolan" . Sebenarnya, pil KB sendiri tingkat keberhasilannya bisa mencapai 99% bila dibarengi dengan " penggunaan sempurna" , yang berarti minum pil pada waktu yang sama setiap hari tanpa melewatkan satu hari pun.

Tapi bila Moms tetap hamil meski mengonsumsi pil biasanya karena dosis pil yang nggak ditakar dengan benar atau bisa karena pil itu sendiri yang gagal bekerja.

2 dari 4 halaman

Penyebab Pil KB Tak Bekerja

Ada beberapa penyebab Moms yang membuat kita " kebobolan" meski sudah minum pil. Apa aja itu? Ini dia Moms beberapa penyebabnya yang dilansir dari Hello Sehat.

1. Minum obat atau suplemen lain bersamaan dengan pil KB

Bila Moms mengonsumsi pil kontrasepsi bersamaan dengan obat atau suplemen lain dalam waktu bersamaan, hal ini bisa memengaruhi keefektifan pil Moms. Kedua jenis obat itu kadang bisa saling berinteraksi dan mengubah cara kerja pil kontrasepsi.

Sama halnya saat Moms pergi ke dokter, pastikan Moms juga memberitahu dokter ya bila sedang mengonsumsi pil KB.

3 dari 4 halaman

2. Muntah

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit bagi pil KB untuk bekerja. Nah, bila Moms muntah kurang dari 30 menit setelah minum pil KB, maka Moms punya peluang hamil nantinya. Sama halnya juga saat Moms menderita diare berat.

Bila Moms mengalami hal ini sebaikanya konsultasikan pada dokter atau gunakan alat kontrasepsi lainnya ya Moms seperti kondom misalnya.

3. Tak Patuh Aturan

Sebenarnya pil KB ini bisa dibilang efektif lho Moms dalam mencegah kehamilan. Kehamilan saat minum pil ini biasanya terjadi karena Moms mengonsumsi " sesukanya" atau tanpa aturan.

Mengonsumsi pil KB secara sembaranga ini bisa menyebabkan risiko kehamilan nggak direncanakan Moms. Karena itu, penting mengonsumsi pil KB setiap hari bahkan di jam yang sama agar bekerja lebih efektif.

4 dari 4 halaman

Telat Mengonsumsi 1 Hari

Illustrasi Pil KB © Diadona

Gimana nih bila kita lupa mengonsumsi pil KB satu hari? Bila Moms nggak sengaja lupa, solusi terbaik adalah menghindari seks lebih dulu atau menggunakan alat kontrasepsi lainnya seperti kondom selama sebulan ke depan.

Nah itulah sederet penjelasan mengenai kenapa kita tetap hamil meski sedang mengonsumsi pil KB. Semoga bermanfaat ya Moms.

Beri Komentar