Alami Bau Mulut saat Hamil? Ternyata Ini lho Penyebabnya, Moms

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 5 Agustus 2020 17:30
Alami Bau Mulut saat Hamil? Ternyata Ini lho Penyebabnya, Moms
Apa sih yang jadi penyebabnya?

Meski menjadi momen yang membahagiakan, tapi nggak bisa dipungkiri perubahan hormon dalam tubuh selama kehamilan bisa menimbulkan berbagai masalah. Termasuk salah satunya bau mulut.

Duh, pasti mengganggu banget ya Moms masalah mulut satu ini. Sebenarnya apa sih yang penyebab bau mulut saat hamil? Melansir dari laman Omdental, simak ulasannya di bawah ini ya Moms.

1 dari 4 halaman

Penyebab Bau Mulut saat Hamil

1. Perubahan hormon

Perubahan hormon ini jadi salah satu penyebab utama Moms kenapa kita jadi bau mulut selama kehamilan. Fluktuasi produksi hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh menyebabkan plak di gigi kita. Nah, bakteri dalam plak ini yang akhirnya menyebabkan bau mulut saat hamil.

2. Morning Sickness

Ilustrasi Morning SicknessIlustrasi Morning Sickness © shutterstock

Morning sickness bisa dibilang masalah yang kebanyakan wanita alami ya Moms selama kehamilan. Rasa mual ini bisa menyebabkan muntah yang pada akhirnya menimbulkan bau mulut Moms.

2 dari 4 halaman

3. Dehidrasi

ilustrasi ibu hamililustrasi ibu hamil © Shutterstock

Nggak menutup kemungkinan juga Moms ibu mengalami dehidrasi saat hamil. Nah, kurangnya hidrasi bisa menyebabkan mulut jadi bau. Karena itu, minum air putih yang cukup selama kehamilan juga nggak kalah penting Moms.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Bau Mulut selama Kehamilan

Bila sebelumnya kita sudah membahas penyebabnya, kali ini cara mengatasinya Moms. Berikut ini sederet tips menghilangkan bau mulut yang bisa Moms coba.

1. Menjaga kebersihan mulut secara tepat

Ilustrasi Wanita Gosok GigiIlustrasi Wanita Gosok Gigi © Shutterstock

Seperti yang kita tahu, merawat kebersihan gigi dan mulut dengan benar itu penting lho Moms. Termasuk diantaranya menyikat dan membersihkan gigi. Cara satu ini juga bisa mencegah mulut kita menjadi bau, termasuk saat hamil.

4 dari 4 halaman

2. Pemeriksaan gigi secara teratur

Mengunjungi klinik perawatan gigi secara berkala juga perlu Moms untuk menghindari komplikasi lain yang mungkin timbul dari kehamilan. Dengan pemeriksaan rutin ini, Moms bisa mencegah sekaligus mengatasi masalah pada mulut yang mungkin terjadi.

3. Minum cukup air

Ilustrasi Ibu HamilIlustrasi Ibu Hamil © https://www.shutterstock.com/g/4774344sean

Terakhir, minum cukup air. Saat hamil, Moms juga perlu menjaga tubuh tetap terhidrasi setiap saat dengan acara minum cukup air. Jumlah air putih yang perlu diminum setidaknya dua liter per hari ya Moms.

Nah, itu dia seputar informasi mengenai bau mulut selama kehamilan. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Beri Komentar