Yuk Mengenal Linea Nigra, Garis Hitam Memanjang pada Perut Ibu Hamil!

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 5 Agustus 2020 13:30
Yuk Mengenal Linea Nigra, Garis Hitam Memanjang pada Perut Ibu Hamil!
Moms mengalami juga?

Saat hamil, pasti Moms akrab ya dengan adanya garis melintang yang muncul di perut. Nah, garis itu sendiri dikenal dengan nama linea nigra Moms. Biasanya, banyak calon ibu yang memiliki linea nigra ini selama kehamilan.

Sebenarnya apa sih penyebab linea nigra dan berbahaya nggak ya? Langsung saja kita simak ulasan tentang linea nigra yang dilansir dari laman Parents ini yuk, Moms.

1 dari 4 halaman

Apa sih Penyebab Linea Nigra?

Linea NigraLinea Nigra © agoramedia.com

Linea nigra ini merupakan hasil dari fluktuasi hormon selama kehamila, Moms. Fluktuasi hormon selama kehamilan ini membuat tubuh kita memproduksi melanin dalam jumlah yang lebih besar. Nah, hal inilah yang akhirnya menyebabkan munculnya linea nigra di perut kita tak terkecuali apapun warna kulit kita.

Menurut OB-GYN Michelle Tollefson, M.D., asisten profesor di Metropolitan State College of Denver, linea nigra sering muncul pada trimester kedua dan bertahan selama kehamilan, Moms.

Biasanya garis linea nigra ini dimulai pada tulang kemaluan dan berlanjut sampai ke pusar, ya meski dalam beberapa kasus juga bisa saja memanjang sampai tepat di bawah payudara.

2 dari 4 halaman

Tidak Berbahaya

Bila Moms khawatir apakah linea nigra ini bahaya atau nggak, jawabannya nggak Moms. Faktanya, sampai 75 persen wanita akan mengalami penggelapan linea nigra ini lho Moms selama kehamilan.

" Ini dianggap sebagai kosmetik dan tak ada yang perlu dikhawatirkan," kata Dr. Tollefson.

Penggelapan kulit akibat hormon ini juga nantinya akan hilang sendiri Moms biasanya dalam beberapa bulan setelah melahirkan. Karena itu, banyak para ahli yang menyarankan agar Moms membiarkannya saja.

" Jauhi krim pemutih, karena krim ini sering mengandung hydroquinone yang belum terbukti aman digunakan saat sedang hamil atau menyusui," kata Vaneeta Sheth, M.D., seorang dokter asosiasi dan instruktur dermatologi di Brigham and Women's Hospital, Boston.

3 dari 4 halaman

Cara Memudarkan Linea Nigra

Linea NigraLinea Nigra © parentprime.com

Bila Moms merasa sangat-sangat amat merasa terganggu dengan penampilan linea nigra ini, Dr. Sheth mengatakan ibu hamil bisa menggunakan krim pemutih setelah melahirkan bila Moms menyusi bayi dengan susu formula.

Ada juga Moms cara alami yakni dengan menggunakan lemon. Moms bisa mengoleskan sedikit jus lemon ke bagian kulit yang terdapat linea nigra.

" Beberapa wanita mengatakan asam membantu memudarnya hiperpigmentasi," kata Dr. Sheth.

4 dari 4 halaman
Beri Komentar