Morning Sickness Tanda Ibu Mengandung Bayi yang Sehat dan Pintar, Bener Nggak ya?

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 4 Agustus 2020 11:30
Morning Sickness Tanda Ibu Mengandung Bayi yang Sehat dan Pintar, Bener Nggak ya?
Cari tahu jawabannya di sini yuk, Moms.

Selama kehamilan, Moms pasti akrab ya dengan rasa mual di pagi hari alias morning sickness. Morning sickness memang jadi ciri awal kehamilan yang sering dialami banyak wanita.

Tapi tahu nggak sih Moms, morning sickness ini ternyata menyimpan kebaikan lho Moms. Menurut sebuah studi di tahun 2016, morning sickness ini mengindikasikan kehamilan yang sehat.

1 dari 4 halaman

Berisiko Lebih Kecil Mengalami Keguguran

Ilustrasi Morning SicknessIlustrasi Morning Sickness © shutterstock

Melansir dari Parents, dalam studi ini, peneliti mengamati sekitar 800 wanita hamil yang pernah mengalami keguguran dan mencatat morning sickness yang mereka alami.

Dari hasil survei yang diterbitkan dalam JAMA Internal Medicine ini ditemukan bahwa wanita yang mengalami mual di pagi hari pada minggu kedelapan kehamilan memiliki kemungkinan 75 persen lebih kecil mengalami keguguran.

2 dari 4 halaman

" Sudah jadi pemikiran umum bahwa mual mengindikasikan kehamilan yang sehat, tapi tidak ada banyak bukti berkualitas tinggi untuk mendukung kepercayaan ini," kata ahli epidemiologi Stefanie N. Hinkle, Ph.D., menurut Science Alert.

" Studi kami mengevaluasi gejala dari minggu-minggu awal kehamilan, segera setelah pembuahan, dan mengkonfirmasi bahwa ada hubungan perlindungan antara mual dan muntah dengan risiko lebih rendah dari keguguran."

3 dari 4 halaman

Gak Mengalami Morning Sickness Bukan Berarti Buruk

Ilustrasi Morning SicknessIlustrasi Morning Sickness © shutterstock

Kalau begitu, apa berarti wanita yang nggak mengalami morning sickness bahaya ya? Jawabannya, nggak Moms. Karena penelitian ini hanya melibatkan wanita yang pernah keguguran sebelumnya.

Tapi perlu diingat juga Moms meski morning sickness pertanda baik selama kehamilan, bukan berarti kalau Moms nggak mengalaminya artinya bertanda buruk karena setiap orang memiliki kondisi yang berbeda.

" Tak semua kehamilan sama, dan setiap individu berbeda. Jadi hanya karena mereka tak mengalami gejala, bukan berarti mereka akan mengalami keguguran," terang Hinkle.

4 dari 4 halaman

Anak Cenderung Pintar

Selain menurunkan risiko keguguran, penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwa bayi lahir dari ibu yang mengalami morning sickness cenderung memiliki IQ, perilaku, dan bahasa yang lebih baik dibanding ibu yang nggak mengalami.

So, itu dia sederet penjelasan tentang sisi baik morning sickness Moms. Semoga bermanfaat, ya!

Beri Komentar