Pingsan saat Hamil? Ini Lho Bahaya yang Calon Ibu Perlu Ketahui

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 4 Agustus 2020 16:30
Pingsan saat Hamil? Ini Lho Bahaya yang Calon Ibu Perlu Ketahui
Ini lho bahayanya pingsan saat hamil, Moms!

Selama kehamilan pastinya tubuh kita mengalami perubahan ya Moms, termasuk di dalamnya hormon sampai peningkatan jumlah darah dalam tubuh. Keadaan ini nggak bisa dipungkiri membuat ibu hamil lebih rentan mengalami pusing dan pingsan.

Melansir dari Science Daily, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menemukan bahwa pingsan ini bisa jadi indikasi adanya masalah kesehatan bagi ibu dab bayi Moms.

1 dari 3 halaman

Masalah kesehatan ini diantaranya bayi berisiko mengalami kelahiran prematur, peningkatan masalah jantung, dan berat lahir bayi rendah.

Apa sih sebenarnya yang menyebabkan pingsan?

ilustrasi ibu hamililustrasi ibu hamil © Shutterstock

Pingsan yang secara teknis dikenal sebagai sinkop ini biasanya disebabkan oleh tekanan darah rendah dan kekurangan oksigen di otak Moms.

Nah, hormon selama kehamilan bisa menyebabkan denyut jantung dan suplai darah meningkat, sementara pembuluh darah kita tetap rileks. Hal ini yang akhirnya bisa menyebabkan pusing dan pingsan.

2 dari 3 halaman

Bila Moms pingsan selama hamil, Moms harus melaporkannya ke dokter dan dokter nantinya akan memantau ibu dan bayi secara intensif.

" Kehamilan adalah tes stres alami untuk sistem wanita. Pingsan selama kehamilan bisa mengidentifikasi wanita yang berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi kardiovaskular," terang ahli epidemiologi senior dari University of Alberta, Padma Kaul.

3 dari 3 halaman

Gimana sih cara mengurangi kemungkinan pingsan saat hamil?

Ilustrasi Ibu HamilIlustrasi Ibu Hamil © shutterstock

Melansir dari Parenting Orami, ada beberapa cara Moms seperti saat Moms berdiri secara tiba-tiba, ingatlah untuk duduk Moms. Ayunkan kaki ke sisi tempat tidur dan duduk sebentar. Lalu, Moms bisa berdiri dengan lambat.

Selain itu, pastikan Moms terhidrasi dengan baik ya Moms dan cukup makan. Hidrasi penting lho Moms selama kehamilan.

Nah, itulah sederet info tentang bahaya pingsan selaam kehamilan. Semoga membantu ya Moms.

Beri Komentar