Terungkap, Rajin Olahraga selama Kehamilan Bisa Buat Bayi Lebih Cerdas!

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 1 September 2020 09:30
Terungkap, Rajin Olahraga selama Kehamilan Bisa Buat Bayi Lebih Cerdas!
Nggak hanya membuat bayi cerdas, olahraga juga memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil.

Memiliki anak yang cerdas pastinya jadi harapan sekaligus kebanggan orang tua. Banyak orang tua yang berharap nantinya sang anak bisa tumbuh jadi seseorang yang cerdas.

Selama kehamilan, aktivitas yang kita lakukan ternyata bisa berpengaruh pada perkembangan otak bayi lho Moms. Salah satunya olahraga. Yup, olahraga selama kehamilan ternyata bisa membuat bayi lebih pintar. Berikut ulasannya, Moms.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi ibu hamil olahraga © Diadona

Melansir dari Parents, sebuah studi mengungkap bahwa ibu hamil yang berolahraga setidaknya 20 menit dan minimal tiga kali seminggu bisa menyebabkan perkembangan otak yang lebih baik pada bayi, Moms.

Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dari University of Montreal dimana mereka membagi ibu hamil menjadi dua kelompok. Nah, pada kelompok pertama, para peneliti meminta 10 wanita hamil melakukan olahraga setidaknya tiga kali seminggu.

2 dari 3 halaman

Olahraga Membuat Bayi Lebih Cerdas

Sementara, bagi kelompok kedua ibu hamil hanya cukup berolahraga aktif selama 10 menit per minggu. Saat bayi lahir, peneliti mengukur aktivitas otak mereka dan menemukan bahwa bayi dari ibu yang berolahraga lebih banyak memiliki fungsi otak yang lebih matang daripada sebaliknya.

Meski belum jelas apa penyebabnya, tapi peneliti beranggapan bahwa meningkatnya suplai oksigen ke bayi selama olahraga atau produksi protein peningkat otak yang disebut BDNF sebagai alasan mengapa olahraga bisa membantu perkembangan otak bayi.

3 dari 3 halaman

Manfaat Olahraga Lainnya

Ilustrasi ibu hamil olahraga © Diadona

Nah, selain membuat bayi lebih cerdas, olahraga juga bermanfaat bagi tubuh Moms. Sebuah studi menunjukkan bahwa berolahraga saat hamil bisa membantu mencegah diabetes gestasional dan kelahiran caesar.

Nggak hanya itu, semkain bugar tubuh sebelum melahirkan, semakin mudah juga Moms tubuh ibu akan pulih pasca kehamilan.

Jadi, banyak manfaat sekaligus yang bisa Moms dapat dari berolahraga selama kehamilan. Gimana, sudah tertarik untuk olahraga?

Beri Komentar