Nggak Menjaga Pola Makan dengan Baik selama Hamil? Ini lho Risiko yang Bisa Terjadi pada Bayi

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 31 Agustus 2020 09:30
Nggak Menjaga Pola Makan dengan Baik selama Hamil? Ini lho Risiko yang Bisa Terjadi pada Bayi
Ketahui sederet risikonya di sini yuk, Moms.

Asupan makanan jadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan ibu selama masa kehamilan. Pasalnya, bayi dalam kandungan bergantung pada ibu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang.

Nah, bila kebutuhan ini nggak bisa dipenuhi dengan baik tentu bisa menimbulkan risiko baik pada bayi dan ibu. Kira-kira apa saja sih risikonya? Berikut ulasannya yang dilansir dari Hello Motherhood.

1 dari 4 halaman

Cacat lahir

ilustrasi bayi di rumah sakit © Diadona

Memang, banyak cacat lahir nggak bisa dicegah. Tapi Moms bisa mengurangi risikonya dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi, salah satunya asam folat.

KidsHealth melaporkan bahwa kekurangan asam folat bisa meningkatkan kemungkinan bayi mengalami cacat tabung saraf. Karena itu, penting Moms mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, buah dan lainnya selama kehamilan.

2 dari 4 halaman

Kekurangan Kalsium

Bayi yang belum lahir membutuhkan kalsium dalam jumlah yang cukup untuk menumbuhkan tulang dan otot yang kuat, Nah, bila Moms nggak bisa memenuhinya dengan mengonsumsi makanan kaya kalsium, bayi akan mengambilnya dari tubuh Moms sehingga Moms bisa kekurangan nutrisi satu ini.

Kalsium sendiri bisa ditemukan dalam banyak buah, sayuran, produk biji-bijian dan masih banyak lagi lainnya.

3 dari 4 halaman

Berat Lahir Bayi Rendah

Ilustrasi Bayi Nangis © Diadona

Kekurangan nutrisi penting selama kehamilan bisa mencegah pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan termasuk berisiko menyebabkan berat lahir bayi rendah.

Bayi yang lahir dengan berat badan rendah sendiri sering mengalami masalah kesehatan lainnya seiring bertambahnya usia. Nah, dengan makan makanan bergizi, Moms bisa membantu menjaga kesehatan bayi selama tumbuh dalam kandungan dan membantu melahirkan bayi dengan berat badan normal.

4 dari 4 halaman

Penambahan Berat Badan

Pola makan yang buruk saat hamil bisa menyebabkan penambahan berat badan yang nggak sehat Moms dan mempersulit penurunan berat badan bayi setelah persalinan.

Mengonsumsi makanan dan minuman seperti gorengan, soda, dan permen bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan yang nggak sehat. Kenaikan berat badan yang berlebih juga bisa mempengaruhi kesehatan bayi bahkan sebelum lahir Moms.

Nah, itu dia sederet risiko yang bisa timbul bila Moms nggak menjaga pola makan selama kehamilan. So, tetap penuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan makan makanan yang bergizi seimbang ya Moms.

Beri Komentar