Posisi Buang Air Kecil yang Baik untuk Ibu Hamil, Wajib Paham Moms!

Reporter : Mila Ismiranda
Kamis, 28 Juli 2022 11:57
Posisi Buang Air Kecil yang Baik untuk Ibu Hamil, Wajib Paham Moms!
Jangan sampai salah ya.

Selama masa kehamilan, frekuensi buang air kecil biasanya meningkat. Moms mungkin bertanya-tanya, bagaimana posisi buang air kecil yang baik untuk ibu hamil? Pasalnya, meski frekuensinya bertambah, pergerakan tubuh juga semakin terbatas.

Ibu hamil juga rentan mengalami jatuh atau cedera kalau sampai salah menggerakkan tubuhnya. Lokasi buang air pun menentukan tinggi atau tidaknya risiko ibu hamil mengalami infeksi.

1 dari 4 halaman

Posisi Buang Air Kecil untuk Ibu Hamil

Posisi buang air kecil yang baik untuk ibu hamil adalah dengan sedikit mencondongkan tubuh ke depan agar kandung kemih bisa benar-benar kosong. Posisi ini disarankan karena selama hamil frekuensi buang air kecil meningkat drastis. Dengan mengosongkan kandung kemih, Moms bisa mengurangi frekuensi harus ke toilet.

2 dari 4 halaman

Tips Menggunakan Toilet Umum

Moms juga harus memperhatikan kebersihan toilet yang digunakan, terutama kalau harus buang air kecil di toilet umum. Kalau buang air kecil di toilet yang kotor, risiko untuk terkena berbagai infeksi akan meningkat, termasuk infeksi saluran kemih.

Berikut beberapa tips yang bisa Moms terapkan saat menggunakan toilet umum:

  • Selalu membawa toilet seat covers atau lapisan penutup dudukan toilet. Alternatifnya Moms bisa menggunakan tisu di toilet sebagai alas duduk.
  • Moms juga bisa tidak sepenuhnya duduk di toilet umum yang terlihat kotor. Turunkan tubuh hingga mendekati alas duduk toilet supaya urine yang keluar masuk tepat ke lubang toilet.
  • Gunakan tisu saat akan menyentuh permukaan apapun yang ada di toilet umum.
  • Pastikan cuci tangan hingga bersih setelah buang air kecil.
  • Langsung bersihkan diri dengan menyeluruh setelah sampai rumah.

3 dari 4 halaman

Apakah Ibu Hamil Boleh Pakai Toilet Jongkok?

Ibu hamil boleh-boleh saja pakai toilet jongkok selama memperhatikan keamanan dan kenyamanan dengan baik. Kalau Moms ingin buang air kecil di toilet jongkok, pastikan permukaan pijaknya tidak licin untuk mencegah jatuh atau terpeleset.

Pastikan pula bahwa Moms punyapegangan yang bersih dan kokoh untuk membantu bangkit setelah jongkok. Sebagian ibu hamil, tentunya akan kesulitan saat mengubah posisi dari jongkok ke berdiri.

Beri Komentar