Sudah Masuk Usia Hamil Tua Tapi Belum Juga Kontraksi, Apa ya Penyebabnya?

Reporter : Mila Ismiranda
Senin, 25 Juli 2022 10:57
 Sudah Masuk Usia Hamil Tua Tapi Belum Juga Kontraksi, Apa ya Penyebabnya?
Jangan keburu panik dulu Moms.

Memasuki trimester akhir kehamilan, perasaan senang dan tidak sabar akan bercampur menyelimuti diri. Pasalnya, tidak lama lagi Moms bisa segera bertemu dengan si kecil yang sembilan bulan lamanya ada dalam perut.

Tapi, bagaimana kalau sudah memasuki usia hamil tua tapi belum kontraksi juga? Apakah ini normal?

1 dari 5 halaman

Normalkah Kalau Belum Kunjung Kontraksi?

Setiap ibu hamil merasakan sensasiyang berbeda selama masa kehamilannya, tidak terkecuali saat hamil tua hingga menjelang hari perkiraan lahir (HPL).

Pada masa ini, sebagian besar Moms mungkin sudah mulai merasakan tanda-tanda persalinan, seperti kontraksi. Meski begitu, sebagian lainnya belum merasakan apapun.

Kalau Moms salah satunya, tidak perlu khawatir. Selama masih berada pada usia kehamilan aterm, yaitu bekisar 37-41 minggu, belum merasakan kontraksi apa pun termasuk normal.

2 dari 5 halaman

Selama kehamilan Moms sehat dan masih berada dalam rentang usia kehamilan normal, dokter biasanya menyarankan untuk menunggu sampai terlihat adanya tanda kontraksi alami.

Tapi, kalau kontraksi atau tanda persalinan lain belum muncul saat sudah melebihi hamil tua atau usia 41 minggu, umumnya diperlukan tindakan induksi guna merangsang persalinan.

3 dari 5 halaman

Risiko Hamil Melebihi Waktu Seharusnya

Ada risiko kesehatan yang bisa mengintai bayi kalau ia lahir lebih lama dari usia kehamilan yang normal. Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa bayi yang terlambat lahir (melebihi 41 minggu) lebih berisiko pada masalah kesehatan di bawah ini:

  • Bayi berukuran lebih besar dari ukuran rata-rata saat lahir (makrosomia janin).
  • Cairan ketuban bayi sedikit (oligohidramnion) yang bisa memengaruhi detak jantung bayi dan menekan tali pusat saat kontraksi.
  • Kematian bayi pada saat lahir.
  • Bayi berisiko menghirup feses pertamanya dalam kandungan (aspirasi mekonium).

4 dari 5 halaman

Apa yang Harus Dilakukan?

Usia hamil tua tapi belum kontraksi mungkin akan membuat cemas. Tapi sebaiknya, hindari memikirkan secara berlebihan, apalagi hingga menyebabkan stres saat hamil tua.

Oleh karena itu, Moms bisa mencoba melakukan hal-hal berikut:

  • Bersantai sambil melakukan hal yang menyenangkan, seperti menonton film atau mendengarkan musik. Tujuannya untuk mengalihkan perhatian dan pikiran dari hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan kehamilan.
  • Belanja berbagai hal untuk mempersiapkan kehadiran si buah hati agar Moms tak perlu repot lagi membeli kebutuhannya nanti.
  • Beristirahat dan memiliki waktu tidur yang cukup.
  • Tetap aktif, seperti berjalan kaki atau melakukan olahraga saat hamil, selama mendapat izin dari dokter.
  • Lakukan meditasi atau yoga saat hamil untuk merilekskan pikiran.
  • Tetap terhubung dengan kerabat atau keluarga yang dipercaya untuk meminta bantuan, melakukan kegiatan bersama, atau sekadar mendapat dukungan.

Beri Komentar