Nyeri Datang Bulan Pertanda akan Sulit Memiliki Keturunan, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mila
Jumat, 18 Juni 2021 11:57
Nyeri Datang Bulan Pertanda akan Sulit Memiliki Keturunan, Mitos atau Fakta?
Ketahui lebih lengkap yuk, Moms!

Nyeri pada saat datang bulan/haid yang biasa disebut dengan kram menstruasi adalah rasa sakit berlebih di bagian bawah perut. Rasa sakit yang dialami oleh kebanyakan perempuan ini bisa saja dirasakan sebelum, semasa, atau sesudah masa datang bulan tiba.

Meski banyak rumor yang beredar tentang nyeri datang bulan, tapi sebenarnya rasa sakit yang masih tergolong ringan tidak akan membuatmu kesulitan memiliki keturunan. Justru nyeri haid dianggap sebagai pertanda tubuh berfungsi dengan normal. 

Tapi kalau rasa nyerinya sudah keterlaluan atau tidak wajar, perlu segera dikonsultasikan dengan dokter. Nyeri saat datang bulan yang berlebihan disebut juga dengan dismenore. Selain karena kontraksi rahim, dismenore bisa juga disebabkan oleh penyakit endometriosis, fibroid, dan adenomyosis.

Untuk selengkapnya, simak artikel di bawah ya!

1 dari 3 halaman

Endometriosis

Endometriosis adalah timbulnya jaringan lapisan di dalam rahim yang tumbuh di luar rahim.

Selain nyeri haid yang berlebihan, endometriosis bisa menimbulkan gejala nyeri saat buang air kecil, darah haid yang banyak, rasa sakit saat berhubungan seks, serta gangguan buang air besar (diare dan sembelit).

Penanganan dengan operasi bisa dilakukan untuk mengangkat jaringan endometriosis, terutama untuk pengidap yang berencana memiliki keturunan.

2 dari 3 halaman

Fibroid

Fibroid adalah tumor jinak di dalam atau di sekitar rahim. Gejala fibroid hampir sama dengan endometriosis, namun bisa diiringi juga dengan tekanan atau kembung di perut bagian bawah atau pembengkakan pada perut bergantung pada ukuran tumor.

Kebanyakan fibroid tidak membutuhkan pengobatan, hanya perlu melakukan pemeriksaan rutin untuk memastikan fibroid tidak berkembang terlalu besar atau menimbulkan masalah lain.

3 dari 3 halaman

Adenomyosis

Adenomyosis terjadi ketika lapisan endometriosis yang seharusnya hanya menempel pada rahim, namun juga ternyata tumbuh dan menembus dinding rahim.

Gejala yang dirasakan oleh pengidap adenomyosis adalah pendarahan pada saat datang bulan yang berat dan berkepanjangan, mengalami kram perut yang parah, nyeri panggul, bahkan ukuran rahim yang membesar 2-3 kali lipat dari ukuran normal. 

Saat melakukan pengobatan, biasanya dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi obat anti inflamasi, obat hormon, dan histerektomi.

Kalau kamu merasa mengalami tiga gejala di atas, maka jangan ragu untuk segera melakukan konsultasi dokter. Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar