Padahal Subur tapi Tetap Sulit Hamil, Mungkin Ini Penyebabnya!

Reporter : Mila
Kamis, 17 Juni 2021 16:57
Padahal Subur tapi Tetap Sulit Hamil, Mungkin Ini Penyebabnya!
Menunda kehamilan bisa jadi salah satu kemungkinannya.

Setelah melewati serangkaian tes, terlihat bahwa kondisi reproduksi Moms subur. Tapi herannya, Moms masih sulit untuk hamil. Kenapa, ya?

Sebelum perlu diketahui bahwa kesuburan organ reproduksi seorang perempuan memang berperan penting dalam kesempatan hamil seseorang. Tapi nyatanya, tak hanya itu, ada bebrrapa faktor lain yang tak kalah penting juga. Simak penjelasannya di bawah ini ya!

1 dari 5 halaman

Berat Badan yang Tidak Ideal

Melansir clevelandclinic.org, berat badan seorang perempuan bisa turut memengaruhi kesempatan untuk hamil.

Menurut penelitian, peluang hamil terbaik terjadi saat IMT berada di rentang 20-25. Perempuan yang IMT kurang dari 20 atau lebih dari 25 memiliki peluang kehamilan yang lebih rendah 18% dari perempuan yang memiliki berat badan ideal.

2 dari 5 halaman

Menunda Kehamilan

Tidak semua pasangan langsung mau punya momongan setelah menikah. Ada beberapa yang sengaja menunda dengan memutuskan menggunakan kontrasepsi.

Pada beberapa kasus, penggunaan KB hormonal jangka panjang bisa menyebabkan perempuan sulit hamil. Salah satunya adalah KB suntik yang bisa memengaruhi siklus menstruasi dan masa subur. 

3 dari 5 halaman

Mental Stres

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di ncbi.nlm.nih.gov, tingkat stres seorang wanita juga bisa memengaruhi kemungkinan hamil. Pikiran yang stres dan tidak tenang bisa berpengaruh besar pada pelepasan hormon. Ketidakseimbangan hormon inilah yang menjadi salah satu penyebab seseorang sulit hamil.

Jadi, disarankan untuk Moms jangan terlalu banyak pikiran dan stres ya!

4 dari 5 halaman

Masalah Organ Reproduksi

Memiliki masalah tertentu pada reproduksi tidak menutup kemungkinan tetap mengalami siklus subur. Melansir medicalnewstoday.com, disebutkan beberapa masalah organ reproduksi yang juga berpengaruh pada kehamilan adalah endometriosis, PCOS, miom, dan chlamydia.

5 dari 5 halaman

Kualitas Sperma Buruk

Mungkin masalahnya bukan di Moms, melainkan pada pasangan. Moms juga perlu mengecek kondisi sperma suami. Beberapa masalah sulit hamil disebabkan oleh kualitas sperma yang buruk. Contohnya seperti sperma terlalu cair, jumlah sperma yang sedikit, atau mengalami kelainan bentuk.

Itu tadi alasan kenapa perempuan belum bisa hamil meskipun subur. Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar