Baik untuk Ibu Hamil, Ini 4 Pilihan Buah yang Kaya Asam Folat

Reporter : Mila Ismiranda
Kamis, 5 Januari 2023 10:57
Baik untuk Ibu Hamil, Ini 4 Pilihan Buah yang Kaya Asam Folat
Simak ya Moms!

Asam folat adalah vitamin yang larut dalam air. Sayangnya, tubuh tidak bisa menghasilkan folat secara alami sehingga Moms perlu mendapatkannya dari makanan. 

Beberapa makanan yang mengandung asam folat, contohnya sayuran hijau seperti bayam, kubis dan brokoli. Vitamin ini juga terdapat pada telur dan jeroan seperti hati sapi. Beberapa nutrisi bahkan membutuhkan produk biji-bijian tertentu untuk melakukan fortifikasi asam folat.

Selain dari sumber tersebut, asam folat alami bisa diperoleh dari sumber buah-buahan. Berikut buah yang mengandung asam folat!

1 dari 5 halaman

Jeruk

Dibalik rasanya yang masam, jeruk mengandung folat yang cukup tinggi. Satu buah jeruk besar saja sudah mengandung 55 mikrogram folat.

Sejumlah penelitian membuktikan kalau rutin mengonsumsi jeruk bisa menurunkan risiko berbagai jenis kanker.

Nah, Moms bisa mendapatkan sumber vitamin ini dari jeruk lemon, jeruk limau, jeruk keprok dan jeruk bali. 

2 dari 5 halaman

Pisang

Pisang terkenal akan kemampuannya untuk meningkatkan energi secara signifikan. Nah, buah ini ternyata juga tinggi kandungan folatnya. Bahkan, pisang bisa membantu memenuhi kebutuhan folat harian Moms.

Pisang berukuran sedang mengandung 23,6 mikrogram folat, atau enam persen dari kebutuhan harian kamu. Buah ini juga mengandung nutrisi lain, termasuk potasium, vitamin B6, dan mangan.

3 dari 5 halaman

Pepaya

Pepaya dikenal ampuh untuk memperlancar BAB. Ternyata, satu cangkir atau sekitar 140 gram pepaya bisa mengandung 53 mikrogram folat. 

Angka ini sudah memenuhi sekitar 13 persen kebutuhan folat harian kamu. Bukan cuma folat saja, pepaya juga kaya akan vitamin C, potasium, dan antioksidan. Semuanya bisa membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

4 dari 5 halaman

Alpukat

Teksturnya yang lembut dan rasanya seperti mentega membuat alpukat sering disandingkan dengan makanan lain. Dari semua buah yang mengandung folat, alpukat mengandung folat yang paling tinggi.

Setengah buahnya saja mengandung 82 mikrogram folat. Buah ini juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Alpukat juga bisa mencegah perkembangan penyakit jantung.

Beri Komentar