Punya Kandungan Gizi Beragam, Ini Sederet Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil

Reporter : Mila
Rabu, 4 Januari 2023 10:57
Punya Kandungan Gizi Beragam, Ini Sederet Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil
Simak yuk Moms!

Tidak hanya punya rasa masam yang menyegarkan, buah kiwi rupanya juga punya beragam manfaat untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil.

Manfaat ini tentu datang dari kandungan gizi untuk ibu hamil yang ada di dalam buah kiwi. Apa saja? Simak ya!

1 dari 7 halaman

Buah kiwi mengandung vitamin C, K, dan asam folat untuk ibu hamil. Selain itu, kiwi juga bersifat antioksidan dan rendah gula. Inilah alasan kenapa kiwi kerap dijadikan camilan sehat untuk ibu hamil.

Berkat kandungan gizinya yang beragam, berikut manfaat kiwi yang bisa didapatkan oleh ibu hamil.

2 dari 7 halaman

Memenuhi Kebutuhan Asam Folat

Asam folat berperan penting dalam mengembangkan sistem saraf dan perkembangan sel pada janin. Vitamin B kompleks ini juga bisa mengurangi risiko cacat lahir, seperti spina bifida.

Melansir Centers for Disease Control and Prevention, wanita hamil direkomendasikan mengonsumsi 400 mikrogram (mcg) asam folat per harinya, dan buah kiwi dapat membantu memenuhinya.

Kamu sebaiknya mulai mengonsumsi kiwi untuk mendapatkan asam folat satu bulan sebelum kehamilan. Langkah ini bisa mencegah kecacatan pada otak dan tulang belakang bayi.

3 dari 7 halaman

Mencegah Selulit

Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mendukung produksi kolagen. Moms membutuhkan kolagen dan vitamin C untuk mencegah selulit pada perut serta menjaga kulit tetap lentur dan kenyal.

Buah kiwi juga memiliki sifat antimikroba yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri, virus, ataupun parasit yang membahayakan kehamilan.

4 dari 7 halaman

Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

Saat melahirkan, Moms mungkin kehilangan banyak darah. Jika tidak ditangani dengan tepat, ini bisa membahayakan nyawa ibu dan bayi yang lahir.

Namun, dengan mengonsumsi buah kiwi secara teratur, risiko perdarahan pada bayi baru lahir bisa dikurangi. Ini karena buah kiwi mengandung vitamin K. Vitamin K dibutuhkan selama kehamilan untuk membantu pembekuan darah dan menjaga kekuatan tulang.

5 dari 7 halaman

Menyeimbangkan Hormon Ibu Hamil

Kadar hormon yang naik-turun sering terjadi selama masa kehamilan. Suatu saat Moms merasa sangat emosional dan meledak-ledak, tapi tiba-tiba menjadi tenang seketika.

Gejolak emosi pada ibu hamil disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang. Perubahan hormon ini bisa memicu depresi, lelah, dan stres yang tidak baik untuk ibu hamil.

Untungnya, kiwi memiliki manfaat menyeimbangkan hormon pada ibu hamil sehingga masalah tersebut dapat teratasi.

6 dari 7 halaman

Menjaga Berat Badan

Ibu hamil sering kali memiliki nafsu makan berlebih sehingga wajar jika mereka memiliki kenaikan berat badan. Namun, kenaikan berat badan ibu hamil tetap perlu dipantau.

Untungnya, buah kiwi memiliki nilai kalori yang rendah sehingga tidak akan banyak memengaruhi berat badan Anda. Justru kiwi dapat menjadi teman ngidam yang sehat sehingga ibu hamil bisa meningkatkan berat badan dalam rentang yang sehat.

Beri Komentar