Yuk Mengenal Minimalist Pregnancy dan Manfaatnya untuk Ibu Hamil

Reporter : Mila Ismiranda
Jumat, 6 Januari 2023 09:57
Yuk Mengenal Minimalist Pregnancy dan Manfaatnya untuk Ibu Hamil
Simak sama-sama ya Moms.

Gaya hidup minimalis memang telah menjadi tren beberapa tahun terakhir. Meski tanpa kita sadari sebetulnya gaya hidup seperti ini sudah diterapkan oleh orangtua kita sejak dulu.

Istilah minimalis bisa juga diartikan dengan kesederhanaan dan berkesadaran. Beberapa orang yang menerapkannya, mulai hidup dengan cukup dan menikmati apa yang ia jalani. Bahkan, gaya hidup ini ternyata bisa diterapkan oleh ibu hamil.

Percaya atau tidak, minimalist pregnancy bisa memperbaiki kesehatan mental dan mencegah stres selama hamil.

1 dari 7 halaman

Apa Itu Minimalist Pregnancy?

Minimalist pregnancy atau kehamilan minimalis bisa diartikan sebagai cara menyederhanakan hidup untuk memberi ruang bagi hal yang benar-benar penting. Minimalis dalam kehamilan adalah tentang kembali ke hal-hal esensial dan meninggalkan 'tren' serta beban yang menyertainya.

Menjalani kehidupan yang sederhana, hanya melakukan yang diperlukan dan hanya memiliki yang esensial. Misalnya, kesehatan adalah hal yang paling utama bagi ibu hamil dan bayi di dalam perut. Maka Moms perlu memperhatikan hal tersebut.

Selanjutnya, Ibu hamil seharusnya lebih menyederhanakan beban pekerjaan serta lebih menikmati proses kehamilan tanpa dihantui rasa cemas karena memikirkan kebutuhan pendukung yang belum terpenuhi.

2 dari 7 halaman

Melansir The Empowered Mama, tidak ada cara yang sempurna dalam hidup minimalis. Minimalisme kehamilan adalah tentang menjadi sadar dalam memaknai pilihan Moms sendiri. Sebab Moms tahu mana yang terbaik untuk diri dan bayi di dalam kandungan.

Pendekatan minimalis akan membantu Moms mencapai hal itu, bukan sekadar ide yang dibuat-buat.

3 dari 7 halaman

Manfaat Minimalist Pregnancy

1. Minimalisme kehamilan fokus pada kesehatan ibu dan bayi

Dalam gaya hidup minimalis, Moms bisa meletakkan beban dan stres yang sebelumnya telah lama mengganggu. Moms bisa lebih fokus pada perawatan diri sebab tahu apa yang Moms dan bayi butuhkan. Kesehatan fisik dan mental pun akan membaik karena Moms akan lebih fokus dengan hal tersebut.

2. Membebaskan ruang dan waktu

Dengan lebih sedikit barang di rumah dan membuang pikiran-pikiran tidak penting, Moms bisa memberikan ruang untuk hubungan dan aktivitas yang bermakna.

4 dari 7 halaman

3. Menikmati hidup lebih baik

Setelah merapikan rumah, pikiran pun juga menjadi lebih ringan. Tanpa sadar hidup dengan kebiasaan ini mempengaruhi kita dalam bersikap. Pikiran Moms yang sedang hamil juga tidak lagi terpaku pada masa lalu atau mencemaskan masa depan. Sebaliknya, Moms akan memperhatikan detail dan menikmati momen-momen kecil yang membahagiakan.

4. Lebih mendapatkan kedamaian

Saat melakukan banyak hal, sulit untuk menyelesaikan satu hal. Tapi, tipikal gaya hidup minimalis, membuat seseorang hanya melakukan beberapa hal yang penting. Dengan lebih sedikit gangguan, Moms bisa  memberikan fokus pada apa yang dimiliki, yaitu si Kecil yang sedang bertumbuh di dalam perut.

5 dari 7 halaman

5. Meninggalkan perilaku impulsif

Tidak ada yang menguras rekening bank lebih sembrono daripada pembelian impulsif. Dalam gaya hidup minimalis, Moms diharuskan meluangkan waktu untuk mempertimbangkan apa yang paling penting.

6 dari 7 halaman

Cara Menerapkan Minimalist Pregnancy

Berikut ini beberapa tips yang bisa Mama terapkan:

  • Hindari membeli barang dalam jumlah besar
  • Berpikir lebih mindfulness
  • Mengurangi penggunaan media sosial
  • Bangun relasi bukan koleksi
  • Pilih dan putuskan apa yang paling baik untuk Moms

Beri Komentar