Gejala Hamil yang Menggangu tapi Justru Merupakan Tanda Kehamilan Sehat

Reporter : Mila
Jumat, 23 Desember 2022 09:57
Gejala Hamil yang Menggangu tapi Justru Merupakan Tanda Kehamilan Sehat
Malah bagus kalau Moms mengalami gejala ini.

Kehamilan bukanlah hal yang mudah. Ada banyak sekali gejala selama masa kehamilan yang bisa membuat tidak nyaman sampai menganggu aktivitas ibu hamil.

Gejala kehamilan yang mengganggu ini tentunya bisa menjadi kekhawatiran bagi para ibu hamil. Mereka takut kalau gejala tersebut merupakan tanda adanya masalah pada kehamilannya.

Tapi, Moms perlu tahu bahwa tidak semua gejala kehamilan sebenarnya mengganggu. Bahkan, ada pula gejala mengganggu yang menjadi tanda kehamilan yang sehat.

1 dari 6 halaman

Perut Terasa Ngilu

Perut yang terasa ngilu bisa jadi tanda adanya pergerakan janin di dalam rahim. Tendangan dan pergerakan janin ini adalah tanda bahwa bayi berkembang dengan normal.

Janin yang aktif bergerak juga menjadi tanda bahwa ia berada dalam kondisi sehat, kebutuhan nutrisinya terpenuhi, dan jumlah oksigen di dalam rahim tercukupi.

2 dari 6 halaman

Mual di Pagi Hari

Para ahli percaya bahwa peningkatan hormon human chorionic gonadotropin (hCG) adalah penyebab mual yang dirasakan oleh ibu hamil. Mual di pagi hari atau morning sickness memang bisa sangat mengganggu, tapi justru dianggap sebagai bagian dari kehamilan yang sehat.

Untuk mengatasi mual di pagi hari, Moms bisa mengonsumsi minuman jahe atau vitamin yang mengandung kandungan vitamin B6.

3 dari 6 halaman

Payudara Sakit dan Membesar

Di awal trimester kehamilan, sebagian ibu hamil merasakan nyeri pada payudara bahkan mereka juga merasa ukuran payudaranya semakin membesar. Meskipun terasa menganggu, nyatanya hal ini merupakan tanda bahwa hormon estrogen dan progesteron Moms bekerja dengan baik.

Untuk mengatasi rasa sakit pada payudara saat hamil, Moms bisa menggunakan bra yang tidak terlalu ketat atau tidak terlalu longgar. Selain itu, jangan gunakan bra yang berkawat.

4 dari 6 halaman

Keputihan Meningkat

Sering keputihan saat hamil menandakan adanya peningkatan hormon estrogen. Hal ini merupakan pertanda bagus. Hormon estrogen di masa kehamilan bisa membantu pemberian nutrisi untuk janin berkembang.

Keputihan ini memang tampaknya menganggu, tapi keputihan yang keluar ini disebut bisa membantu membersihkan vagina untuk mencegah infeksi masuk ke dalam rahim.

5 dari 6 halaman

Sering Pipis

Sering buang air kecil tentu bisa menganggu ibu hamil di masa kehamilan. Meski begitu, ini merupakan tanda kehamilan yang sehat.

Hal ini disebabkan karena volume darah yang meningkat selama kehamilan menyebabkan ginjal harus bekerja lebih keras sehingga menghasilkan lebih banyak urine.

Beri Komentar