Muncul Rambut Halus di Sekitar Perut Waktu Hamil, Bahaya Gak sih?

Reporter : Mila
Jumat, 5 Februari 2021 07:57
Muncul Rambut Halus di Sekitar Perut Waktu Hamil, Bahaya Gak sih?
Apa sih yang membuat rambut halus ini muncul?

Moms yang sedang hamil, coba deh perhatikan area perut. Apakah di area itu tumbuh rambut-rambut halus?

Banyak mengatakan bahwa tumbuhnya rambut halus pada ibu hamil menandakan bahwa Moms sedang mengandung bayi laki-laki. Tapi ada juga beberapa yang justru mengkhawatirkan kondisi ini.

Apa sih sebenarnya rambut-rambut halus ini? Apakah berbahaya? Agar lebih jelas langsung aja yuk simak artikel di bawah!

1 dari 3 halaman

Rambut Halus pada Ibu Hamil

Pertumbuhan rambut halus di area perut saat hamil bukan pertanda Moms sedang mengandung bayi laki-laki, tapi karena perubahan hormon dalam tubuh. Rambut halus ini ternyata gak hanya tumbuh di area perut, melainkan juga dada, punggung, dan lengan.

Kondisi ini disebut sebagai hirsutisme. Pada ibu hamil, hirsutisme biasanya terjadi dalam jangka pendek saja. Setelah masa kehamilan, rambut-rambut tersebut akan rontok dengan sendirinya.

Tapi ada beberapa wanita mengalami hirsutisme untuk jangka waktu yang panjang. Dengan kata lain, rambut akan tetap timbul di daerah-daerah yang tidak semestinya. Hal ini tentu saja bisa menyebabkan wanita kehilangan kepercayaan diri.

2 dari 3 halaman

Penyebab Hirsutisme

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seorang wanita mengalami hirsutisme, khususnya ibu hamil. Biasanya penyebab utamanya adalah tingginya kadar hormon androgen (hormon pria) dalam tubuh.

Pada wanita muda, hirsutisme juga bisa disebabkan oleh sindrom ovarium polikistik atau polycystic ovary syndrome (PCOS). Kondisi ini dapat menyebabkan terbentuknya kista pada indung telur dan membuat periode menstruasi menjadi tidak teratur.

3 dari 3 halaman

Pengobatan Hirsutisme

Penanganan hirsutisme dilakukan dengan mengatasi langsung pemicu kelainan ini dan dipadukan dengan prosedur hair removal.

1. Terapi obat-obatan (obat antiandrogen, pil KB).

2. Prosedur hair removal (laser).

3. Perawatan rumahan (waxing/mencabut/mencukur rambut).

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar