Sering Ngantuk dan Lelah saat Menyusui, Gimana sih Cara Mencegahnya?

Reporter : Devi Puspitasari
Minggu, 31 Januari 2021 12:30
Sering Ngantuk dan Lelah saat Menyusui, Gimana sih Cara Mencegahnya?
Moms suka ngantuk juga saat menyusui?

Setiap ibu tentu ingin memberikan yang terbaik bagi buah hati. Karena itu, banyak dari ibu yang memilih memberikan ASI eksklusif pada bayi setelah melahirkan.

Menyusui sekaligus mengurus si kecil nggak bisa dipungkiri kadang menguras banyak tenaga. Nggak jarang hal ini membuat ibu cenderung mengantuk bahkan tertidur saat menyusui.

Lalu, gimana sih cara menjaga energi tetap prima agar nggak mudah mengantuk dan lelah saat menyusui? Dikutip dari berbagai sumber, yuk simak sederet caranya berikut ini Moms.

1 dari 6 halaman

1. Cukup Istirahat

Ilustrasi Ibu Menyusui © Diadona

Cukup istirahat memang sangat diperlukan. Tapi, nggak jarang istirahat jadi tantangan tersendiri bagi ibu baru dengan adanya si kecil yang butuh perhatian ekstra. Karena itu, Moms bisa mencuri waktu istirahat dengan ikut tidur saat si kecil sedang tidur.

2 dari 6 halaman

2. Konsumsi Makanan Sehat

Ilustrasi Makanan Sehat © Diadona

Mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya nutrisi bisa membantu menjaga tingkat energi Moms sekaligus suplai ASI. Menyusui membakar sampai 500 kalori setiap harinya Moms, karena itu sangat penting untuk mendapat asupan kalori yang cukup dari makanan yang sehat.

3 dari 6 halaman

3. Lakukan Aktivitas Lain sambil Menyusui

ilustrasi menyusui © Diadona

Untuk membuat Moms tetap terjaga saat menyusui, Moms bisa juga lho melakukan aktivitas lain seperti membaca buku, menonton tv, atau mendengarkan musik saat menyusui si kecil.

4 dari 6 halaman

4. Tetap Terdehidrasi

Ilustrasi minum air putih © Diadona

Menjaga tubuh tetap terhidrasi juga nggak kalah penting Moms. Bila Moms harus menyusui di tengah malam dan merasa lelah, cobalah minum segelas besar air agar Moms tetap merasa sejuk dan terjaga.

" Rekomendasi umum selama menyusui adalah minum kira-kira tiga sampai empat liter air per hari," ucap dr. Jason VanBennekom.

5 dari 6 halaman

5. Tetap Bergerak Aktif

Ilustrasi wanita olahraga © Diadona

Meski sibuk mengurus si kecil, nggak ada salahnya bila Moms juga menyempatkan waktu untuk tetap bergerak aktif salah satunya dengan berolahraga. Sebuah penelitian mengungkap orang yang banyak bergerak bisa mengurangi kelelahan sampai 65 persen lho.

" Olahraga membantu meningkatkan tingkat energi serta suasana hati. Bahkan, hanya dengan berjalan kaki singkat sambil menghirup udara segar bisa terasa menyenangkan," terang dr. Jessica Shepherd, MD, seorang dokter kandungan yang berbasis di Florida.

Beri Komentar