Waspada, Kenali Tanda-tanda Wanita Mandul yang Bisa Dideteksi Sejak Dini

Reporter : Mila
Selasa, 2 Februari 2021 08:57
Waspada, Kenali Tanda-tanda Wanita Mandul yang Bisa Dideteksi Sejak Dini
Penurunan gairah bercinta jadi salah satu penyebabnya lho!

Suami-istri yang menikah pastinya menginginkan kehadiran momongan untuk melengkapi rumah tangga mereka. Tapi  sayangnya ada beberapa pasangan yang gak bisa mendapatkan hal tersebut, karena mengalami kemandulan.

Pasangan akan disebut infertil kalau si wanita gak juga mengalami kehamilan, walaupun sudah melakukan hubungan intim dengan jadwal yang diperhitungkan dan tanpa alat kontrasepsi selama satu tahun.

Lantas apa saja tanda-tanda wanita yang mandul? Langsung aja simak artikel di bawah ya!

1 dari 6 halaman

Penurunan Gairah Bercinta

Penurunan gairah bercinta bisa menandakan banyak hal selain infertilitas. Bisa karena stres atau tertekan.

Selain itu, endometriosis bisa menyebabkan hasrat seksual menurun dan menyebabkan aktifitas seksual menjadi sangat menyakitkan bagi beberapa wanita sehingga membuatnya lebih sulit hamil.

2 dari 6 halaman

Tidak Menstruasi

Belum pernah mengalami menstruasi atau pernah mengalami menstruasi tapi tiba-tiba berhenti, tandanya wanita tersebut gak mengalami ovulasi. Sementara ovulasi sendiri adalah bagian penting dari kesuburan.

Jadi kalau wanita gak mengalami menstruasi sama sekali, itu bisa jadi pertanda yang cukup jelas bahwa ia mengalami mandul. Kalau hal ini terjadi, segera ke dokter kandungan untuk memastikannya.

3 dari 6 halaman

Sakit saat Menstruasi

Wanita yang mengalami haid sangat berat dan menyakitkan mungkin menunjukkan tanda-tanda endometriosis, suatu kondisi di mana jaringan yang biasanya ditemukan di dalam rahim ada di tempat lain di tubuh.

Tapi rasa sakit selama haid gak selalu mengindikasikan infertilitas. Banyak faktor yang mendasarinya. Jadi kalau kamu menstruasinya sakit, jangan langsung panik ya. Segeralah periksa ke dokter kandungan.

4 dari 6 halaman

Jerawat Tak Terkendali

Perubahan pada kulit seperti jerawat juga bisa menjadi pertanda bahwa kadar hormon tidak aktif. Terlebih, jika muncul jerawat tersebut tergolong parah. Bisa jadi wanita tersebut mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS). PCOS terjadi pada wanita yang memiliki androgen (hormon pria) berlebih.

Sama seperti endometriosis, PCOS bisa menyebabkan ovulasi tidak teratur atau kurangnya ovulasi. Karena itu, PCOS dapat mengacaukan kesuburan.

5 dari 6 halaman

Kerontokan Rambut Parah

Kerontokan rambut wanita memang bisa terjadi karena beberapa alasan. Tapi melansir WebMD, gangguan kehamilan seperti mandul juga menjadi kemungkinan penyebab kerontokan rambut wanita.

Ada juga yang mengatakan bahwa kerontokan atau penipisan rambut merupakan gejala PCOS. Jadi, kalau kamu mulai mengalami kerontokan rambut parah, segera periksa ke dokter ya.

6 dari 6 halaman

Obesitas

Peningkatan berat badan yang gak bisa dijelaskan bisa menjadi tanda lain PCOS. Selain punyakelebihan androgen, wanita dengan PCOS juga punya resistensi yang lebih tinggi terhadap insulin.

Hal ini membuat sebagian besar wanita yang menderita kelainan hormon bertambah berat badan meskipun gak mengubah diet atau tingkat aktivitas mereka.

Nah, semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Beri Komentar