Ibu Hamil dengan Panggul Sempit Nggak Bisa Melahirkan Normal, Mitos atau Fakta ya?

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 24 Juli 2020 19:30
Ibu Hamil dengan Panggul Sempit Nggak Bisa Melahirkan Normal, Mitos atau Fakta ya?
Bener nggak ya, Moms?

Mungkin kita sering ya Moms mendengar kalimat kalau punya panggul yang sempit ibu hamil nggak akan bisa melahirkan secara normal. Ukuran panggul sering banget dikaitka dengan proses persalinan.

Tapi sebenarnya bisa nggak sih wanita dengan panggul sempit tetap melahirkan secara normal? Daripada penasaran, yuk Moms kita simak ulasannya dari Alodokter berikut ini.

1 dari 3 halaman

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Tenang, bisa dibilang masih ada kesempatan untuk melahirkan normal kok, Moms. Tapi hal ini tergantung dengan berat atau ukuran bayi dalam kandungan dan kondisi ibu.

Nah, untuk memperbesar peluang melahirkan normal, sebisa mungkin jaga berat badan agar nggak sampai obesitas ya Moms.

2 dari 3 halaman

Mengetahui Panggul yang Sempit

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Memang, ukuran panggul ikut memengaruhi proses kelahiran. Panggul kita berperan tepat sebelum atau selama persalinan saat bayi mulai masuk ke dalam panggul melalui lubang panggul.

Untuk mengetahui apakah Moms punya panggul yang sempit atau nggak, perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG panggul misalnya.

3 dari 3 halaman

Bentuk panggul ini nantinya juga sebagai salah satu parameter bagi dokter untuk menentukan metode persalinan apa yang aman bagi Moms dan buah hati.

Karena itu, penting Moms melakukan pemeriksaan secara rutin agar nantinya dokter bisa mengambil tindakan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar