Nggak Hanya Ibu, Calon Ayah yang Mengonsumsi Kafein Berlebihan Bisa Tingkatkan Risiko Keguguran!

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 2 September 2020 16:30
Nggak Hanya Ibu, Calon Ayah yang Mengonsumsi Kafein Berlebihan Bisa Tingkatkan Risiko Keguguran!
Penting nih bagi calon ayah dan ibu membatasi asupan kafein lebih dulu selama promil.

Setelah menikah, biasanya hadirnya buah hati jadi dambaan banyak pasangan. Karenanya, nggak sedikit pasangan yang mengikuti program hamil demi bisa segera memiliki anak.

Mempersiapkan tubuh selama program hamil juga nggak kalah penting Moms, baik bagi calon ibu maupun ayah. Salah satunya mengenai asupan minuman kafein.

Ternyata, nggak hanya ibu saja, calon ayah yang mengonsumsi kafein berlebihan bisa meningkatkan risiko ibu mengalami keguguran lho. Berikut penjelasannya.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi pria minum kopi © Diadona

Melansir dari webmd.com, sebuah studi mengungkapkan bahwa pasangan yang mengonsumsi lebih dari dua minuman berkafein sehari selama berminggu-minggu menjelang pembuahan, bisa meningkatkan risiko ibu mengalami keguguran.

Selain itu, risiko keguguran ini juga bisa meningkat bila ibu hamil mengonsumsi lebih dari dua minuman berkafein secara rutin selama tujuh minggu pertama kehamilan.

2 dari 4 halaman

Konsumsi Kafein Calon Ayah Juga Ikut Berperan

Sejalan dengan hal itu, penelitian ini mengungkap konsumsi kafein pada pria ikut berperan sebagai penyebab keguguran dan tingkat risikonya pun sama seperti pada wanita. Hal ini diungkap oleh Janis Biermann, wakil presiden senior bagian pendidikan dan promosi kesehatan di March of Dimes.

Perilaku sebelum kehamilan bisa memengaruhi kehamilan (itu sendiri). Saat kamu merencanakan kehamilan, ini saat yang tepat untuk mempersiapkan tubuhmu - kurangi konsumsi kafein, dapatkan berat badan yang sehat, jangan minum alkohol dan temui dokter untuk pemeriksaan," kata Biermann.

Penelitian ini dipublikasikan secara online dalam jurnal Fertility and Sterility.

3 dari 4 halaman

ilustrasi wanita minum kopi © Diadona

Nah, bila Moms dan Dads sedang menjalani program kehamilan dan ingin mengonsumsi minuman berkafein, dua cangkir kopi adalah batas yang maksimal.

Kafein sendiri nggak hanya ditemukan dalam kopi Moms. Kafein juga terkandung dalam teh, cola, coklat, dan minuman berenergi.

Dalam peneliti ini, para peneliti membandingkan faktor gaya hidup seperti merokok, konsumsi minuman berkafein, dan penggunaan multivitamin pada pasangan yang sedang hamil, dari minggu-minggu sebelum pembuahan hingga minggu ketujuh kehamilan.

4 dari 4 halaman

Dari 344 kehamilan, 28 persen berakhir dengan keguguran. Sementara itu, risiko keguguran hampir dua kali lipat bagi wanita usia 35 tahun ke atas.

Sementara pada pria dan wanita yang mengonsumsi lebih dari dua minuman berkafein sehari berkaitan dengan risiko keguguran sekitar 74 persen lebih besar.

Karena itu, penting juga Moms membatasi asupan kafein lebih dulu selama program kehamilan. Semoga membantu.

Beri Komentar