Keguguran Tanpa Ada Darah, Ini Ciri-Ciri Bayimu Tidak Berkembang dalam Rahim, Moms

Reporter : Prisma Difta
Kamis, 14 Mei 2020 14:32
Keguguran Tanpa Ada Darah, Ini Ciri-Ciri Bayimu Tidak Berkembang dalam Rahim, Moms
Wah, kira-kira gimana cirinya ya, moms?

Kehamilan adalah moment yang paling ditunggu-tunggu bagi setiap ibu. Kebanyakan ibu akan merencanakan kehamilan mereka dengan suka cita dan selalu dinanti-nanti. Namun, dalam sebuah kehamilan yang menyenangkan ada saja halangannya. seperti contoh keguguran.

Semakin besar usia janin biasanya gejala kehamilan akan semakin berat. Selain itu, ibu hamil perlu mengetahui beberapa tanda keguguran yang perlu diwaspadai karena tidak semua gejala keguguran menimbulkan perdarahan. 

Berikut ini adalah ciri-ciri janin tak berkembang dan biasa disebut dengan keguguran tak berdarah..

1 dari 3 halaman

Mengalami Nyeri Terus Menerus

Perlu diketahui bahwa nyeri perut yang terjadi secara konsisten selama masa kehamilan dapat menjadi tanda awal keguguran. Mungkin banyak yang mengira kalau nyeri perut yang terjadi diakibatkan adanya masalah di sistem pencernaan padahal ini perlu diwaspadai. 

Bagian perut yang kurang nyaman akibat rasa nyeri diakibatkan karena membesarnya rahim, sehingga mendorong organ lain bergeser dari tempat yang seharusnya. Selain itu, adanya infeksi kandung kemih juga dapat menimbulkan rasa kurang nyaman. 

Kondisi perut yang sakitnya terasa tajam dan tak kunjung berhenti dapat terjadi karena adanya kontraksi rahim, sehingga dapat mendorong janin keluar dari tubuh.

2 dari 3 halaman

Detak Jantung Menghilang Saar USG

Pemeriksaan USG menjadi salah satu proses yang perlu dilakukan oleh semua ibu hamil. Tujuannya sederhana yaitu untuk memastikan perkembangan janin dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Bahkan detak jantung selalu dinantikan oleh calon orangtua untuk mereka dengar setiap kali melakukan USG. 

Dilansir dari Baby Center, ciri-ciri lain yang menandakan terjadinya keguguran tanpa perdarahan dan janin sudah dalam keadaan meninggal, yaitu hilangnya detak jantung si Kecil saat berada di dalam kandungan. 

3 dari 3 halaman

Tidak Ada Pergerakan Janin

Seiring bertambahnya usia kehamilan, seharusnya gerakan janin di dalam perut akan semakin terasa. Adanya aktivitas si Kecil di dalam perut dapat menjadi tanda kalau dirinya berkembang dan sehat. 

Selain pergerakan janin dapat dirangsang melalui beberapa suara musik, perlu diketahui bahwa perubahan suhu ruangan juga dapat mendorongnya untuk aktif bergerak. Untuk itu, saat gerakan janin di dalam perut semakin berkurang maka harus diwaspadai. 

Apalagi jika gerakannya benar-benar menghilang dan tidak pernah terasa walau sudah dirangsang dengan berbagai cara.

Nah, itu dia beberapa ciri-ciri janin tidak berkembang moms, jika merasakan tanda-tanda di atas, baiknya tetap konsultasikan ke dokter kandunganmu ya

Beri Komentar