Kapan sih Ibu Boleh Olahraga Lagi setelah Melahirkan?

Reporter : Devi Puspitasari
Minggu, 13 Desember 2020 06:30
Kapan sih Ibu Boleh Olahraga Lagi setelah Melahirkan?
Kapan ya ibu sudah boleh berolahraga pasca melahirkan?

Olahraga jadi salah satu cara untuk tetap sehat dan kembali bugar pasca persalinan. Apalagi, untuk Mom yang sebelumnya sudah gemar berolahraga, pasti sudah merasa nggak sabar untuk kembali lagi menjalani rutinitas.

Tapi sebenarnya kapan sih ibu bisa mulai berolahrag lagi pasca melahirkan? Buat Mom yang bertanya-tanya tentang hal ini, langsung saja yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Kapan Boleh Kembali Olahraga?

Ilustrasi wanita olahraga © Diadona

Mengutip dari Mayo Clinic, bila Moms mengalami kehamilan tanpa komplikasi dan persalinan pervaginam atau normal, umumnya aman untuk mulai berolahraga beberapa hari setelah melahirkan atau segera setelah Moms merasa siap.

Sebaliknya, bila Moms menjalani operasi caesar, perbaikan vagina ekstensif atau persalinan yang rumit, bicarakan lebih dulu dengan dokter tentang kapan Moms bisa mulai berolahraga.

2 dari 5 halaman

Tanda Olahraga Berlebihan

Bila tak ada kendala, Moms bisa mulai olahraga dengan berjalan santai setiap hari setelah satu atau dua minggu pertama pasca melahirkan. Tapi ingat ya Moms jangan melakukannya secara berlebihan.

Salah satu tanda apabila Moms terlalu berlebihan yakni dengan pendarahan yang Moms alami pasca melahirkan semakin parah dalam beberapa jam setelah bergerak. Selain itu, bila Moms merasakan sakit segera berhenti olahraga ya.

3 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Pasca Melahirkan

Ilustrasi Olahraga © Diadona

Moms perlu ingat jika tubuh masih menyesuaikan dengan keadaan pasca melahirkan. Pusat keseimbangan Moms juga mulai bergeser lagi begitu juga dengan rasa lelah yang biasanya masih Moms rasakan setelah melahirkan.

Hal ini menandakan meski Moms merasa sudah cukup kuat untuk berolahraga, kemungkinan rentan mengalami cedera masih cukup besar. Karena itu, sebaiknya Moms lakukan olahraga secara perlahan dan bertahap.

Olahraga pasca melahirkan sendiri memang cukup banyak memiliki manfaat bagi ibu. Diantaranya seperti bisa memperkuat otot perut, meningkatkan energi, memperbaiki mood dan kualitas tidur, serta bisa menghilangkan stres.

4 dari 5 halaman

Hal yang Perlu Diperhatikan

Meski begitu, ada beberapa hal juga yang perlu Moms pertimbangkan saat olahraga pasca melahirkan. Apa saja itu?

1. Tunggu sampai diizinkan oleh dokter.

2. Kembali ke rutinitas olahraga secara perlahan.

3. Mulailah dengan sesi latihan singkat: 20 sampai 30 menit sehari.

4. Hentikan olahraga jika merasa nyeri, pendarahan meningkat, atau tanda-tanda negatif lainnya.

Beri Komentar