Apa Saja sih yang Bisa Bayi Dengar saat dalam Kandungan?

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 15 Desember 2020 13:30
Apa Saja sih yang Bisa Bayi Dengar saat dalam Kandungan?
Berbagai suara yang bisa bayi dengarkan saat dalam kandungan.

Mengetahui tumbuh kembang bayi dalam kandungan tentu jadi kebahagiaan tersendiri bagi kebanyakan orang tua. Setiap orang tua tentunya ingin sang anak bisa tumbuh baik dan sehat sejak dalam kandungan.

Berbicara tentang pertumbuhan bayi dalam kandungan, terutama indra pendengaran, nggak sedikit orang yang penasaran tentang sebenarnya suara apa saja sih yang bisa bayi dengar dalam kandungan?

Nah, bila Moms satu diantaranya, langsung saja yuk simak ulasan yang sudah Diadona rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1 dari 5 halaman

Suara yang Bisa Bayi Dengar dalam Kandungan

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Dikutip dari Happiest Baby, ada dua hal yang paling bisa bayi dengar dalam rahim Mom. Pertama, suara deru darah yang mengalir melalui arteri dan yang kedua adalah suara ibu.

Suara ibu jadi suara yang paling bayi dengar dalam kandungan lho Moms. Suara ini mengalir ke bayi lewat paru-paru ibu. Setelah itu, bayi akan segera belajar bergerak mengikuti ritme ucapan bahkan mengenali suara sang ibu.

2 dari 5 halaman

Bahkan, menurut sebuah penelitian, suara ibu jadi salah satu suara yang paling disukai bayi sejak dalam kandungan. Saat mendengar suara ibu, diketahui detak jantung bayi melambat yang artinya suara ini memberikan efek menenangkan bagi bayi.

Tak hanya suara ibu, bayi juga senang lho mendengar suara sang ayah. Karena itu, nggak kalah penting bagi Moms dan pasangan untuk sering mengajak si kecil ngobrol.

3 dari 5 halaman

Mendengar Suara Lagu Lembut dan Organ Tubuh Ibu

Ilustrasi ibu hamil mendengarkan musik © Diadona

Dalam kandungan, bayi juga bisa mendengar suara lagu-lagu lembut yang didengar ibu. Lagu-lagu lembut ini bisa memberikan efek rileksasi tak hanya bagi ibu, tapi juga pada bayi. Sehingga, bisa mengurangi kadar kecemasan sekaligus menurunkan tekanan darah.

Selain itu, bayi dalam kandungan juga bisa mendengar dengan jelas suara organ-organ dalam tubuh ibu, Moms. Mulai dari suara detak jantung, darah yang mengalir, sampai suara perut ibu yang lapar. Begitu juga suara-suara di sekitar ibu, Moms. Misalnya seperti suara bising saat konser maupun televisi.

4 dari 5 halaman

Kapan sih Bayi Sudah Bisa Mulai Mendengar?

Pembentukan awal indra penglihatan dan pendengaran bayi dimulai pada bulan kedua kehamilan, Moms. Saat itulah sel-sel di dalam embrio yang sedang berkembang mulai mengatur dirinya sendiri menjadi apa yang akan menjadi wajah, otak, hidung, mata, dan telinga.

Pada sekitar minggu ke-9 kehamilan, lekukan kecil di sisi leher bayi mulai muncul saat telinga terus terbentuk baik di dalam maupun di luar. Akhirnya, lekukan ini akan mulai bergerak ke atas sebelum berkembang menjadi apa yang akan dikenal sebagai telinga bayi.

5 dari 5 halaman

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Sekitar minggu ke-18 kehamilan, si kecil mulai mendengar suara pertama mereka. Pada minggu ke-24, perkembangan telinga mulai berkembang pesat. Kepekaan bayi terhadap suara akan semakin meningkat seiring berlalunya minggu.

Nah, itu dia sederet suara yang bisa bayi dengar sejak dalam kandungan. Semoga bermanfaat, ya.

Beri Komentar