Berapa sih Jarak Aman Hamil Lagi setelah Operasi Caesar?

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 9 Juli 2020 17:30
Berapa sih Jarak Aman Hamil Lagi setelah Operasi Caesar?
Ini lho jarak aman hamil lagi setelah operasi caesar, Moms.

Pasti Moms sudah familiar ya dengan operasi caesar. Melahirkan dengan cara caesar memang banyak diminati para ibu karena prosesnya yang cepat dan tak menimbulkan rasa sakit saat persalinan dibandingkan dengan metode melahirkan normal.

Tapi bila kita merencanakan untuk menambah buat hati setelah melahirkan secara caesar, ternyata ada jangka waktu yang perlu diperhatikan lho Moms. Lalu, kapan sih waktu yang dianjurkan untuk hamil lagi setelah operasi caesar?

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Operasi Caesar © Diadona

Melansir dari parents.com, banyak dokter yang menyarankan agar Moms menunggu lebih dulu 18 sampai 24 bulan setelah melahirkan secara caesar sebelum mencoba untuk hamil lagi. Waktu istirahat ini akan memberikan tubuh kita kesempatan untuk sembuh dan pulih pasca operasi.

" Dalam mempertimbangkan waktu yang aman untuk hamil lagi, kami melihat interval interpregnancy (IPI)," kata Pamela Promecene, M.D., profesor sekaligus dokter kandungan yang berbasis di Houston.

2 dari 4 halaman

Risiko Kehamilan Kurang dari 6 Bulan setelah Caesar

IPI sendiri adalah waktu sejak ibu melahirkan sampai awal kehamilan berikutnya. Menurut Promecene, ada bukti yang menunjukkan bahwa IPI yang pendek atau sekitar 18 bulan memiliki risiko komplikasi kehamilan yang lebih tinggi pada kehamilan selanjutnya.

Sebuah studi menunjukkan bila Moms hamil lagi kurang dari enam bulan setelah operasi caesar, hal ini bisa meningkat risiko komplikasi seperti rahim pecah atau bayi lahir dengan berat yang rendah.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Lalu, gimana nih jika kita sudah berusia 35 tahun ke atas dan khawatir jika harus menunda kehamilan? Pastinya, Moms harus konsultasikan pada dokter dulu ya. Tapi bila Moms sebelumnya memiliki kehamilan yang sehat, mungkin akan cukup aman bagi kita untuk hamil lagi.

Meski begitu, banyak juga kok wanita yang hamil lagi kurang dari waktu yang dianjurkan setelah operasi caesar dan memiliki kehamilan serta bayi yang sehat. Akhirnya, pilihan ini kembali lagi ke kita dan dokter ya Moms.

Beri Komentar