Jadi Nggak Pengin Dekat-Dekat dengan Suami saat Hamil, Apa sih Penyebabnya?

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 9 November 2020 06:30
Jadi Nggak Pengin Dekat-Dekat dengan Suami saat Hamil, Apa sih Penyebabnya?
Cari tahu penyebabnya di sini yuk, Moms.

Saat hamil, biasanya wanita ingin dimanja dan selalu dekat dengan suami. Tapi nyatanya ada juga ibu yang malah enggan berdekatan dengan suami. Hal ini tentu bakal membuat pasangan jadi bingung bahkan malah bisa membuat hubungan jadi renggang.

Tapi sebenarnya apa sih penyebab ibu hamil jadi enggan berdekatan dengan suami? Daripada penasaran, langsung saja yuk kita simak ulasannya yang sudah Diadona rangkum dari Alodokter berikut ini.

1 dari 5 halaman

Penyebab Enggan Dekat dengan Suami

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Studi menemukan bahwa nggak sedikit wanita hamil yang mengalami penurunan gairah pada pasangan. Ternyata hal ini disebabkan oleh perubahan hormon pada wanita hamil Moms. Perubahan hormon yang berbeda pada tiap wanita ini, bisa menimbulkan efek yang berbeda juga.

Perubahan hormon sekaligus aliran darah saat hamil ini memang bisa membuat ibu mengalami sederet perubahan mulai dari perasaan, emosi sampai sensasi Moms. Itulah alasan mengapa ibu bisa mengalami perubahan pola tidur, pola makan sampai gairah seksual.

2 dari 5 halaman

Tak hanya itu saja, hamil bisa membuat ibu jadi cepat lelah. Ditambah lagi, kadang ibu hamil juga merasa cemas berlebihan bahkan kehilangan percaya diri karena perubahan bentuk tubuh atau munculnya garis hitam pada pert yang membuat ibu kadang merasa kurang pede. Hal ini juga bisa memengaruhi ibu hamil jadi enggan berdekatan dengan suami.

3 dari 5 halaman

Lalu, apa sih yang bisa dilakukan ibu hamil bila sedang menghadapi hal ini?

Jangan panik, Moms. Bila Moms sedang menghadapi situasi ini, ada sederet cara yang bisa Moms coba. Berikut beberapa diantaranya.

1. Komunikasikan dengan Suami

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Komunikasi jadi salah satu kunci penting dalam hubungan. Bila memang Moms sedang menghadapi situasi ini, sebaikanya Moms komunikasikan secara jujur dengan suami. Moms bisa mengatakan secara jujur apa yang Moms rasakan seperti sedang kelelahan atau merasa kurang percaya diri.

4 dari 5 halaman

2. Pahami Bila Kondisi Ini Hanya Sementara

Meski mungkin Moms merasa kurang nyaman dengan kondisi ini, pahami bila hal ini hanya bersifat sementara Moms. Nantinya, kondisi ini pasti akan membaik seiring berjalannya waktu. Jadi, jangan dulu merasa stres bila sedang menghadapi kondisi ini ya Moms.

3. Tidur yang Cukup

Ilustrasi ibu hamil tidur dengan terlentang © Diadona

Pola tidur ternyata juga memengaruhi Moms. Kurang tidur nyatanya bisa membuat orang jadi lebih nggak bergairah dengan pasangan. Karena itu, penting untuk Moms memperoleh tidur yang cukup setidaknya 8 jam per hari.

5 dari 5 halaman

4. Fokus pada Kelebihan Diri

Bila faktor kurang percaya diri karena perubahan tubuh jadi masalah utama, Moms bisa coba lebih fokus pada kelebihan dan sisi terbaik yang Moms miliki. Seperti misal Moms bisa menonjolkan kaki jenjang atau hal lainnya.

Sebenarnya, perubahan yang Moms alami selama kehamilan bisa dibilang normal kok. Meski begitu, upayakan hal ini nggak berlarut-larut ya Moms. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar