Sakit Pinggang saat Hamil, Ini 5 Tips Mengatasinya Moms

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 6 November 2020 11:30
Sakit Pinggang saat Hamil, Ini 5 Tips Mengatasinya Moms
Simak tipsnya berikut ini ya, Moms.

Perubahan yang terjadi pada tubuh selama kehamilan tak bisa dipungkiri kadang membuat ibu mengalami beberapa keluhan, salah satunya sakit pinggang. Sakit pinggang memang umum Moms dialami oleh ibu selama kehamilan.

Tapi jangan sampai sakit pinggang membuat aktivitas Moms jadi terganggu ya. Karena itu, berikut Diadona rangkum sederet tips yang bisa Moms coba untuk meredakan sakit pinggang saat hamil. Dilansir dari berbagai sumber, yuk kita simak lima tipsnya Moms.

1 dari 6 halaman

Penyebab Sakit Pinggang saat Hamil

Ilustrasi ibu hamil sakit pinggang © Diadona

Sakit pinggang saat hamil sendiri bisa disebabkan oleh perubahan hormon dan rahim yang membesar Moms. Saat rahim mengembang, ia akan menggeser pusat gravitasi ibu hamil dan juga meregangkan sekaligus melemahkan otot perut.

Hal itu bisa memengaruhi postur tubuh dan memberi tekanan pada punggung bawah sekaligus pinggang Moms. Pada saat yang sama, perubahan hormonal selama kehamilan juga mengendurkan persendian dan ligamen yang menempelkan tulang panggul ke tulang belakang sehingga menyebabkan Moms merasa kurang stabil dan menyebabkan rasa sakit saat berjalan, berdiri, duduk dalam waktu lama, dan membungkuk.

2 dari 6 halaman

Tips Mengatasi Sakit Pinggang saat Hamil

Bila Moms merasakan nyeri pinggang saat hamil, berikut sederet tips yang bisa coba untuk meredakannya.

1. Hindari Berdiri atau Duduk dalam Waktu yang Lama

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Terlalu lama menghabiskan waktu dengan duduk atau berdiri nyatanya bisa menyebabkan sakit pinggang saat hamil Moms. Posisi ini bisa mengganggu postur tubuh yang bisa memicu timbulnya sakit pinggang. Karena itu, sebisa mungkin hindari terlalu lama duduk atau berdiri selama kehamilan ya Moms.

Bila Moms terpaksa harus duduk dalam waktu lama, Moms bisa meminimalisir risikonya dengan sering-sering mengubah posisi duduk atau melakukan peregangan.

3 dari 6 halaman

2. Jaga Berat Badan

Menjaga berat badan tetap ideal selama kehamilan juga nggak kalah penting, Moms. Tentu, kenaikan berat badan tak bisa dihindari oleh kebanyakan ibu selama kehamilan.

Sayangnya, kenaikan berat badan ini bisa menjadi salah satu penyebab sakit pinggang selama kehamilan. Karena itu, menjaga kenaikan berat badan tetap stabil dan dalam batas wajar diperlukan Moms.

Menjaga berat badan tetap wajar saat hamil juga punya sederet manfaat lainnya Moms seperti menurunkan risiko obesitas, persalinan prematur, dan berbagai keluhan kehamilan lainnya.

4 dari 6 halaman

3. Olahraga Teratur

Ilustrasi Ibu Hamil Lari © Diadona

Olahraga bisa meningkatkan kelenturan sekaligus memperkuat otot Moms. Selain itu, olahraga juga bisa melatih otot pinggang, perut bawah, dan kaki.

Seiring dengan menguatnya otot-otot ini, tubuh akan semakin kuat menopang berat badan selama kehamilan sehingga bisa meminimalisir terjadinya sakit pinggang. Moms bisa mencoba olahraga seperti berenang dan jalan kaki.

Sebelum memutuskan untuk berolahraga, akan lebih baik bila Moms berkonsultasi lebih dulu pada dokter. Satu lagi, jangan memaksakan diri ya Moms. Bila Moms merasa pusing atau sudah lelah, segera berhenti dan istirahat.

5 dari 6 halaman

4. Gunakan Alas Kaki yang Nyaman

Hamil bukan berarti Moms tak bisa melakukan berbagai aktivitas. Tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya mengenai pilihan alas kaki.

Sebaiknya, Moms hindari menggunakan sepatu hak tinggi saat hamil. Sepatu hal tinggi sendiri hanya menambah sakit pinggang, apalagi bila Moms menggunakannya untuk berjalan jauh.

Karena itu, sepatu berasal datar seperti flatshoes atau sandal yang nyaman sangat disarankan.

6 dari 6 halaman

5. Perbaiki Posisi Tidur yang Salah

ilustrasi ibu hamil tidur © Diadona

Mengubah posisi tidur juga bisa membantu meredakan saking pinggang lho Moms. Umumnya, ibu hamil akan lebih nyaman untuk tidur dengan posisi miring.

Saat tidur pada posisi ini, sebaiknya tekuk salah satu lutut dan tempatkan bantal di bawahnya. Untuk menambah kenyamanan, Moms juga bisa menggunakan bantal khusus ibu hamil.

Nah, itu dia 5 tips redakan sakit pinggang saat hamil. Semoga membantu ya, Moms.

Beri Komentar