7 Tips Turunkan Berat Badan Pasca Operasi Caesar

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 7 November 2020 06:30
7 Tips Turunkan Berat Badan Pasca Operasi Caesar
Apa saja tipsnya?

Saat hamil biasanya ibu akan mengalami kenaikan berat badan yang drastis. Karenanya, setelah melahirkan banyak ibu berharap bisamenurunkan berat badan seperti semula. Tapi sayangnya, beberapa proses persalinan membutuhkan waktu pemulihan sedikit lebih lama, salah satunya operasi caesar.

Tentu, Moms nggak bisa sembarangan saat melakukan berbagai aktivitas. Tapi bagaimana nih bila Moms ingin menurunkan berat badan? Untuk itu, dikutip dari Parenting Firstcry, berikut 7 tips turunkan berat badan pasca operasi caesar.

1 dari 7 halaman

Menyusui

ilustrasi menyusui bayi © Diadona

Nggak hanya sebagai cara terbaik memberikan nutrisi bagi buah hati, menyusui juga cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan Moms. Menyusui bisa membakar sekitar 300 sampai 500 kalori setiap harinya. Hal ini bisa jadi cara yang ideal untuk menurunkan kelebihan berat badan di area perut.

2 dari 7 halaman

Gunakan Post-Pregnancy Belt

Dokter biasanya merekomendasikan penggunaan korset atau post-pregnancy belt setelah operasi caesar untuk melindungi bekas luka. Nggak hanya menawarkan perlindungan, korset maupun post-pregnancy belt ini bisa menjaga perut yang kendur dan membantu mencegah penumpukan sel lemak tambahan di area perut.

3 dari 7 halaman

Perhatikan Asupan Kalori

Ilustrasi Makanan Sehat © Diadona

Menyusui memang bisa membakar kalori setiap hari, tapi juga bisa membuat Moms jadi lapar. Cara terbaik untuk tetap kenyang namun nggak malah menambah berat badan yakni dengan memerhatikan asupan kalori yang dikonsumsi.

Moms bisa mengonsumsi camilan yang lebih sehat. Makanan seperti yoghurt tawar, kacang-kacangan, buah-buahan, salad, dan daging tanpa lemak bisa memenuhi nafsu makan sekaligus membantu menurunkan berat badan.

4 dari 7 halaman

Minum Cukup Air

Minum sekitar 8-10 gelas air setiap hari nggak hanya bisa membuat Moms tetap terhidrasi, tapi juga bisa membantu Moms menyusui dengan lebih baik. Nah, semakin baik jadwal menyusui, otomatis semakin baik juga peluang Moms untuk menurunkan berat badan.

5 dari 7 halaman

Yoga

Ilustrasi Yoga © Diadona

Selain jalan santai, Moms juga bisa mencoba yoga. Moms bisa mulai berlatih yoga sekitar enam sampai delapan minggu pasca operasi caesar. Tapi sebaiknya Moms mengonsultasikan hal ini lebih dulu ya pada dokter.

Yoga bila dikombinasikan dengan diet yang tepat nggak hanya bisa membantu menurunkan berat badan, tetapi juga meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot.

6 dari 7 halaman

Latihan Plank

Setelah luka Moms sudah pulih dengan baik, Moms bisa mencoba beberapa latihan sederhana seperti melakukan gerakan plank, bridge position maupun cobra pose.

Meski begitu, tetap berhati-hati dan jangan memaksakan diri ya Moms. Terpenting, lakukan secara bertahap dan konsisten.

7 dari 7 halaman

Jalan Kaki secara Teratur

ilustrasi berjalan © Diadona

Jalan kaki terutama jalan cepat dikenal bisa mempercepat proses pemulihan dan mencegah penggumpalan darah Moms. Selain sehat, berjalan sendiri juga nggak terlalu membebani tubuh kita selama pemulihan. Karena itu, jalan santai bisa jadi salah satu olahraga yang bisa Moms coba untuk menurunkan berat badan.

Nah, itu dia 7 tips yang bisa Moms coba untuk menurunkan berat badan pasca operasi caesar. Semoga membantu.

Beri Komentar