Ibu Hamil Disarankan Rajin Jalan Kaki, Ternyata Ini lho Manfaatnya Moms

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 22 Juli 2020 09:30
Ibu Hamil Disarankan Rajin Jalan Kaki, Ternyata Ini lho Manfaatnya Moms
Apa sih manfaatnya?

Masa kehamilan bisa dibilang masa yang membahagiakan ya bagi seorang calon ibu. Pastinya, kita ingin melakukan yang terbaik ya Moms agar bayi dalam kandungan kita bisa tumbuh dengan sehat.

Saat hamil, banyak juga yang menyarankan agar Moms rajin jalan kaki. Memang, rajin jalan kaki selama kehamilan memiliki sederet manfaat Moms. Apa aja sih itu? Yuk, simak ulasannya yang dilansi dari Annandale Ob-Gyn berikut ini, Moms.

1 dari 3 halaman

Manfaat Jalan Kaki

1. Mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan dan persalinan.

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Jalan kaki saat hamil bisa mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan dan persalinan, Moms. Studi menunjukkan bahwa wanita yang berolahraga secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes gestasional atau menjalani operasi sesar yang tak direncanakan.

2. Menjaga Berat Badan Tetap Terkendali

Selanjutnya, jalan kaki bisa membantu Moms membakar kalori sehingga menjaga berat bada kita tetap terkendali selama kehamilan. Lebih sedikit berat badan selama kehamilan berarti semakin kecil juga kemungkinan Moms melahirkan secara prematur.

2 dari 3 halaman

3. Meningkatkan Mood dan Energi

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Ternyata, jalan kaki juga bisa memengaruhi mood kita lho Moms. Sebuah studi mengungkapkan bahwa adanya peningkatan signifikan dalam suasana hati dengan tingkat kelelahan wanita hamil yang berjalan sekitar 30 menit empat kali seminggu.

4. Meringankan Sakit Punggung dan Sakit Lainnya.

Nyeri punggung selama kehamilan sering terjadi ya Moms dan seringkali bisa mengganggu aktivitas. Berjalan-jalan santai juga bisa membantu menjaga otot punggung Moms kuat dan hangat sehingga bisa mendukung perut yang tumbuh sekaligsu nggak menjadi kaku.

3 dari 3 halaman

5. Meredakan Sembelit

Sembelit jadi hal yang umum terjadi ya Moms selama kehamilan. Dengan olahraga ringan seperti berjalan bisa bermanfaat memindahkan makanan melalui saluran pencernaan lebih cepat, sehingga lebih sedikit air yang diserap di usus besar Moms. Hal ini membuat tinja lebih lembut dan

Nah, itu dia sederet manfaat jalan kaki bagi ibu hamil. Tapi tetap ingat ya Moms untuk nggak memaksakan diri saat melakukan kegiatan ini. Semoga membantu ya Moms.

Beri Komentar