Bahaya Air Ketuban Sedikit Pada Ibu Hamil, Yuk Kenali Cara Mengatasinya

Reporter : Prisma Difta
Kamis, 23 Juli 2020 09:00
Bahaya Air Ketuban Sedikit Pada Ibu Hamil, Yuk Kenali Cara Mengatasinya
Yuk kenali lebih dalam moms

Fungsi utama air ketuban adalah melindungi bayi dari benturan dan menjaga tumbuh kembangnya. Volume air ketuban bervariasi, normalnya sekitar 500 ml hingga 1.000 ml. Namun, dalam sejumlah kasus kehamilan, volume air ketuban bisa terlalu sedikit.

IJangan meremehkan jumlah air ketuban yang sedikit, pasalnya manfaat air ketuban sangat berpengaruh untuk kesehatan ibu dan janin. Air ketuban berfungsi sebagai pelindung janin, mengontrol suhu agar janin tetap hangat, mencegah infeksi, membantu perkembangan paru-paru, saluran cerna, tulang dan otot janin.

1 dari 2 halaman

Apa Risikonya?

Di sinilah pentingnya untuk selalu melakukan pemeriksaan rutin sejak awal kehamilan. Kondisi kehamilan dengan oligohidramnion sanagtlah riskan. Gejala awalnya perlu diketahui sedini mungkin. Pemeriksaan USG yang baik akan membantu mendiagnosis gejala awal ini.

 

2 dari 2 halaman

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Memiliki air ketuban yang sedikit memang mengkhawatirkan. Anda mungkin merasa cemas, dan khawatir akan kondisi janin yang tengah kandung. Namun, beberapa hal dapat dilakukan untuk mengatasi air ketuban yang sedikit, di antaranya:

Rutin melakukan pemeriksaan kehamilan
Melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin dapat membantu Anda memantau perkembangan janin dan apa yang terjadi pada kehamilan Anda. Ini juga dapat membantu dokter mengukur tingkat cairan ketuban Anda, serta mengatasi masalah yang terjadi.

Tetap terhidrasi
Minum banyak air putih selama kehamilan sangatlah penting untuk dilakukan. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat membantu meningkatkan cairan ketuban pada wanita yang usia kehamilannya 37-42 minggu. Tindakan ini juga bisa meningkatkan cairan tubuh sehingga Anda tak kehausan ataupun kelelahan.

Mengonsumsi makanan sehat
Mengonsumsi banyak buah, sayur, biji-bijian, dan makanan yang mengandung protein tanpa lemak sangat penting untuk ibu hamil. Hal ini dianggap dapat membantu meningkatkan kadar cairan ketuban.

Beristirahat yang cukup
Beristirahat dapat membantu meningkatkan aliran darah ke plasenta sehingga mendorong cairan ketuban bertambah. Dokter akan lebih banyak menyarankan ibu hamil untuk melakukan bedrest di trimester tiga kehamilan.

Infus amnio
Infus amnio adalah tindakan di mana dokter akan memberi larutan saline melalui leher rahim untuk dimasukkan ke dalam kantung ketuban. Setidaknya ini dapat meningkatkan kadar air ketuban untuk sementara waktu.

Beri Komentar