Cara Menghilangkan Stres Pikiran yang Berat Saat Hamil Menurut Islam

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 21 Juli 2020 10:06
Cara Menghilangkan Stres Pikiran yang Berat Saat Hamil Menurut Islam
Ada beberapa cara menghilangkan stres yang bisa kamu coba saat menghadapi ancaman, atau gugup.

Seperti yang diketahui stres ialah reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi tekanan, ancaman, gugup, marah atau suatu perubahan yang tiba-tiba.

Oleh karena itu, setiap orang pasti pernah mengalami stres, entah itu stres ringan atau akut, sebab gangguan mental ini tidak hanya berdampak pada kondisi psikis. Stres juga bisa berpengaruh pada berat badan, kehidupan seksual, hingga penyakit kronis.

Nah, kalau kamu merasa mengalami stres, sebaiknya segera atasi stres itu agar tidak semakin parah. Untuk itu, berikut akan kami rekomendasikan cara menghilangkan stres pikiran yang efektif dan mudah diterapkan.

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Stres Pikiran

Cara Menghilangkan Stres © Diadona

Ada berbagai situasi dan peristiwa yang seringkali menimpa seseorang, sehingga memicu timbulnya stres. Stres memang tidak bisa dihindari, namun bisa dihilangkan. Berikut cara menghilangkan stres pikiran.

1. Bangun Pagi Lebih Awal

Studi mengatakan semakin banyak tidur, maka kamu akan lebih sedikit rentan mengalami stres. Sehingga untuk menghilangkan stres pikiran ialah dengan bangun 15 atau 20 menit lebih awal setiap pagi.

Dengan begitu, kamu tidak akan merasa terburu-buru atau mudah letih di pagi hari dan memungkinkan kamu bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik.

2. Berjalan-jalan di Luar

Cara menghilangkan stres pikiran selanjutnya ialah dengan berjalan-jalan di luar rumah. Meski sepele, namun aktivitas berjalan-jalan akan meningkatkan endorfin dalam tubuh. Sebab, endorfin akan meredakan depresi ringan dan meningkatkan suasana hati, sebagaimana halnya dengan meditasi.

3. Makan Makanan Sehat

Mengonsumsi makan-makanan sehat juga diyakini untuk menghilangkan setres karena pikiran lho. Adapun makanan yang mengandung kadar alkali antara lain lemon, nanas, biji labu, kacang, bawa

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Stres Menurut Islam

Cara Menghilangkan Stres © Diadona

Ada kalanya sebagai manusia ditimpa masalah, bahkan masalah berat yang memungkinkan seseorang begitu tertekan sampai mengalami stres.

Tentu hal ini membuat sebagai manusia yang berakal, kita tidak boleh terpuruk dalam keputus-asaan. Untuk itu, berikut bagaimana cara menghilangkan stres menurut Islam yang bisa kamu coba.

1. Shalat

Shalat ialah salah satu cara menghilangkan stres menurut Islam. Sebaiknya, kamu menjaga shalat wajib lima waktu serta menjalankan shalat sunnah yang telah dianjurkan, agar hatimu menjadi lebih tenang dan bisa mengatasi stres yang kamu rasakan.

2. Berdzikir

Selain melaksanakan shalat, untuk menghilangkan stres menurut Islam selanjutnya ialah dengan melakukan dzikir. Dzikir artinya mengingat Allah, dengan berdzikir yang diniatkan untuk Allah maka kamu akan mendatangkan ketentraman hati.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Stres Berat

Cara Menghilangkan Stres © Diadona

Stres merupakan gangguan mental yang dihadapi seseorang karena adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya yang berasal dari dalam diri, atau dari luar. Berikut ialah cara menghilangkan stres berat bagi kamu yang mungkin sedang mengalaminya.

1. Mendengarkan Musik

Cara menghilangkan stres berat yang mungkin sedang kamu alami bisa dicoba dengan mendengarkan musik. Sebab alunan musik yang sesuai akan membantu menstimulasi pikiran kamu untuk menjadi lebih rileks.

2. Bersenang-senang dengan Teman Dekat

Selanjutnya, salah satu cara menghilangkan stres pikiran yang berat ialah dengan memanfaatkan waktu untuk bersenang-senang dengan teman dekat. Seperti berkumpul dengan teman dekat, jalan-jalan di mall, karaoke, nonton film, atau bahkan aktivitas seru lainnya, agar mengurangi stres yang mungkin kamu rasakan.

3. Meditasi

Seperti yang kita ketahui, meditasi adalah teknik rileksasi dengan cara memfokuskan pikiran, mengatur pola napas, merilekskan tubuh dan membersihkan diri dari hal-hal yang mungkin menyebabkan stres.

Untuk itu kalau kamu sedang mengalami setres, lakukanlah meditasi di tempat yang tenang dan udara luar yang segar, untuk membuat tubuh kamu menjadi lebih santai dan mengurangi setres.

4. Bercerita Pada Orang Terdekat

Selain meditasi, bercerita pada orang terdekat pun juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stres berat, sebab kamu bisa menerima dukungan maupun solusi dari apa yang kamu rasakan. Dengan demikian, stres yang kamu alami pun bisa sedikit berkurang.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Stres Saat Hamil

Cara Menghilangkan Stres © Diadona

Stres pada ibu hamil sangat mempengaruhi perkembangan janin. Sehingga, kalau tidak segera diatasi, nantinya akan bisa menyebabkan komplikasi saat melahirkan. Untuk itu, berikut cara menghilangkan stres saat hamil.

1. Pijat Selama 15 menit

Menurut International Journal of Neuroscience, bahwa pijat sendiri selama 15 menit 2 kali seminggu mampu menurunkan stres dan menenangkan sistem saraf.

2. Minum Teh Chamomile

Selain pijat, minum teh chamomile hangat juga berkhasiat untuk melepaskan ketegangan yang ada di dalam tubuh. Sebab sifat menenangkan dalam chamomile bisa membantu ibu hamil untuk tidur lebih nyenyak.

3. Jalan Kaki di Pagi Hari

Aktivitas fisik ringan seperti jalan kaki bisa meningkatkan hormon endorphin dan mengurangi bengkak di kaki. Sedangkan, paparan cahaya matahari pagi akan merangsang otak untuk melepaskan serotonin dan meningkatkan ketenangan.

Itulah beberapa cara menghilangkan setres yang efektif dan mudah diterapkan saat kamu merasa tertekan, gugup ataupun marah. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar