Berat Badan Malah Turun saat Hamil, Normal Nggak sih?

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 18 Juli 2020 09:30
Berat Badan Malah Turun saat Hamil, Normal Nggak sih?
Moms mengalaminya juga nggak?

Seiring masa kehamilan, biasanya kita mengalami kenaikan berat badan ya Moms. Tapi nggak sedikit juga nih ibu yang malah mengalami penurunan berat badan saat masa kehamilan.

Melihat pentingnya tambahan berat badan bagi bayi dalam kandungan, nggak jarang banyak calon ibu jadi merasa khawatir saat dirinya mengalami penurunan berat badan. Tapi sebenarnya normal nggak sih bila berat badan kita malah turun saat hamil?

1 dari 3 halaman

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Tenang Moms, hal ini masih tergolong normal kok dan memang biasanya terjadi di trisemester pertama kehamilan.

Melansir dari Parents, menurut sebuah studi, pada trisemester pertama sekitar 80 persen ibu hamil mengalami mual Moms yang menyebabkan makan seakan jadi tantangan tersendiri.

" Tak jarang wanita pada trimester pertama kehilangan sedikit berat badan karena mual dan muntah yang parah sehingga mereka tak bisa makan dengan cara normal," kata Kimberly Henderson, DO, seorang ob-gyn di Health Quest Medical Practice, New York.

2 dari 3 halaman

Penurunan Berat Badan saat Olahraga

Tapi Moms nggak perlu khawatir, kehilangan beberapa kilogram pada saat hamil muda ini nggak berdampak pada perkembangan bayi kok. Pada minggu ke 14 atau lebih, biasanya mual di pagi hari yang Moms rasakan akan mereda dan mungkin bisa meningkatkan nafsu makan.

Penurunan berat badan selama kehamilan juga bisa terjadi jika Moms sudah mulai berolahraga setiap hari dan mulai mengonsumsi makanan sehat. Bila hal ini masalahnya, berarti Moms perlu menambah asupan kalori.

Tapi bila Moms mengalami penurunan berat badan secara drastis, ini yang jadi masalah. Bila Moms mengalami hal ini, segera konsulatsikan ke dokter ya. 

3 dari 3 halaman

Penurunan Berat Badan di Trisemester Akhir

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Selain itu, bila Moms juga mengalami penurunan berat badan di trisemester ketiga, ini bisa dikaitkan dengan beberapa masalah lho Moms seperti pertumbuhan bayi yang buruk, cairan ketuban yang rendah atau hipertensi yang disebabkan kehamilan.

Nah, bila Moms mengalami penurunan berat badan di trisemester akhir dan itu melampaui trisemester pertama, segera konsulatsikan ke dokter ya Moms. Tapi bisa juga hal ini bukan sesuatu yang berbahaya, tapi agar lebih aman Moms bisa berkonsultasi dokter kandungan.

Terlepas dari itu semua, Henderson meengatakan bahwa makan dengan benar jadi kunci untuk menghindari penurunan berat badan selama kehamilan. Semoga membantu ya, Moms.

Beri Komentar