Wajah Jadi Terlihat Lebih Glowing saat Hamil, Apa sih Penyebabnya?

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 20 Juli 2020 13:30
Wajah Jadi Terlihat Lebih Glowing saat Hamil, Apa sih Penyebabnya?
Ternyata ini Moms penyebabnya wajah jadi glowing saat hamil.

Selama masa kehamilan, mungkin Moms sering mendengar pujian ya bahwa kulit Moms terlihat lebih bersinar. Hal ini memang sering dialami oleh calon ibu selama kehamilan yang biasanya disebut dengan "pregnancy glow".

Kira-kira apa sih penyebabnya? Melansir dari Healthline, langsung saja kita simak ulasannya berikut ini yuk, Moms.

1 dari 4 halaman

Penyebab Wajah Glowing saat Hamil

1. Fluktuasi hormon

Penyebab pertama bisa jadi dari hormon, Moms. Meningkatnya jumlah hormon yang dilepaskan selama kehamilan bisa membuat kulit kita terlihat memerah dan memberikan efek tampilan glowing. Hormon ini biasanya termasuk estrogen, progesteron, dan human chorionic gonadotropin.

2. Peningkatan aliran darah

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Selama kehamilan, tubuh kita menghasilkan lebih banyak darah Moms. Hal ini karena rahim dan organ vital kita membutuhkan lebih banyak darah untuk mendukung bayi.

Nah, peningkatan volume darah seperti ini juga bisa melebarkan pembuluh darah dan membuat kulit terlihat memerah.

2 dari 4 halaman

3. Meningkatnya minyak di kulit

Selain memberikan tampilan glowing, fluktuasi hormon juga bisa membuat ibu hamil memproduksi lebih banyak minyak. Buat Moms yang memiliki kulit berminyak atau kombinasi, mungkin hal ini jadi sedikit masalah ya Moms.

Salah satunya seperti munculnya jerawat. Nggak hanya jerawat kok Moms, meningkatnya minyak di kulit ini juga biaa membuat Moms terlihat lebih glowing.

ilustrasi Jerawat © Diadona

Selain jerawat, Moms juga bisa mengalami " pregnancy mask" , apa itu? Kondisi ini mengacu pada bintik-bintik coklat pada kulit Moms yang disebabkan oleh hiperpigmentasi dari peningkatan produksi melanin di kulit.

Biasanya, bintik-bintik ini akan hilang setelah melahirkan, tapi paparan sinar matahari bisa memperburuk. Jadi, jangan lupa gunakan sunscreen ya Moms untuk mencegah hal ini.

3 dari 4 halaman

4. Peregangan kulit

Dengan dikombinasikan dengan peningkatan aliran darah dan perubahan hormon, peregangan kulit ini juga bisa membuat kulit Moms terlihat bersinar selama kehamilan.

5. Ruam panas

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Selama masa kehamilan, nggak jarang Moms merasa lebih panas dari biasanya. Meningkatnya suhu tubuh ini karena Moms nggak hanya berurusan dengan perubahan hormon, tapi juga berat ekstra untuk mendukung pertumbuhan bayi.

Hal ini bisa menyebabkan ruam panas atau hot flashes yang bisa membuat kulit kita terlihat seperti glowing.

4 dari 4 halaman

Lalu, kapan sih pregnancy glow ini biasanya dimulai dan berapa lama?

Ilustrasi ibu hamil dengan wajah bersinar © Diadona

Sebenarnya, nggak ada waktu pasti Moms kapan ibu hamil akan mengalami pregnancy glow. Tapi kemungkinan besar Moms akan mengalami pregnancy glow selama trimester kedua. Efek bersinar ini nantinya akan hilang setelah Moms melahirkan.

Pregnancy glow ini juga nggak dialami oleh semua calon ibu lho Moms. Karena, tentunya setiap wanita punya fluktuasi hormon secara alami sejak kehamilan. Bila Moms nggak mengalaminya, jangan khawatir karena hal itu wajar.

Nah, itu dia Moms seputar informasi tentang pregnancy glow. Semoga membantu ya Moms.

Beri Komentar