Bisa Nggak sih Ibu Melahirkan Normal setelah Operasi Caesar Sebelumnya?

Reporter : Devi Puspitasari
Minggu, 13 September 2020 06:30
Bisa Nggak sih Ibu Melahirkan Normal setelah Operasi Caesar Sebelumnya?
Bisa nggak ya Moms?

Melahirkan secara normal biasanya jadi harapan kebanyakan ibu saat hamil. Sebenarnya, melahirkan secara normal maupun caesar pastinya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing Moms.

Tapi bagaimana nih bila di kehamilan sebelumnya kita melahirkan secara caesar, tapi di kehamilan sekarang ingin melahirkan secara normal? Kira-kira kalau seperti itu bisa nggak ya?

Daripada Moms terus bertanya-tanya, langsung saja yuk simak ulasannya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

ilustrasi melahirkan © Diadona

Melansir dari Web MD, mungkin kok Moms melahirkan secara normal meski sebelumnya Moms pernah melahirkan secara caesar. Meski mungkin, tapi ada beberapa faktor yang musti diperhatikan sebelum Moms mengambil keputusan ini.

Tentu keamanan ibu dan bayi adalah hal utama yang harus diperhatikan. Pasalnya, VBAC (vaginal birth after cesarean) nggak selalu aman untuk setiap wanita Moms.

2 dari 6 halaman

Hal yang Perlu Diperhatikan

Bila Moms mencoba melahirkan secara normal dan berisiko tinggi mengalami komplikasi, hal ini bisa menyebabkan masalah serius bahkan bisa mengancam nyawa ibu dan bayi. Karena itulah mengapa penting bagi Moms untuk berkonsultasi dengan dokter sebelumnya.

Keadaan ibu dan bayi yang sehat jadi salah satu syarat utama bila Moms ingin melahirkan secara normal. Selain itu, Moms juga bisa lho mencoba VBAC saat mengandung bayi kembar, tentu saja jika sebelumnya dokter sudah memastikan Moms dan buah hati dalam keadaan sehat.

3 dari 6 halaman

Kondisi yang Tidak Disarankan

Berikut ini beberapa kondisi yang nggak disarankan bagi Moms melakukan VBAC. Apa saja sih itu?

1. Obesitas .

2. Preklamsia atau tekanan darah tinggi selama kehamilan.

3. Usia yang biasanya lebih dari 35 tahun.

4. Operasi caesar sebelumnya masih dalam kurun waktu 19 bulan terakhir.

5. Janin yang sangat besar.

4 dari 6 halaman

Hal Lainnya yang Harus Dipertimbangkan

Ilustrasi Melahirkan © Diadona

Satu lagi hal penting yang harus dipertimbangkan yakni mengenai jenis bekas luka operasi caesar yang Moms miliki sebelumnya. Biasanya, dokter membuat sayatan (di perut dan rahim) dalam dua arah yang berbeda saat operasi caesar.

Apa saja itu? Pertama, sayatan melintang (juga dikenal sebagai sayatan horizontal) memotong bagian bawah rahim yang lebih tipis dan sayatan sayatan vertikal yang dimulai darah atas ke bawah.

5 dari 6 halaman

Nah, bila bekas luka caesar Moms sebelumnya adalah vertikal, Moms sebaiknya menghindari VBAC. Kenapa? Karena ada risiko sangat tinggi bahwa bekas luka Moms akan sobek saat melahirkan secara normal. Pastinya hal ini sangat berbahaya nggak hanya bagi ibu, tapi juga bayi.

Meski begitu, kemungkinanannya sangat kecil Moms bagi ibu yang mencoba VBAC dan mengalami kesobekan pada rahim, bahkan bila ia memiliki bekas luka caesar yang melintang sekalipun.

Beri Komentar