Kenapa Sih Ibu Selalu Merasakan Sembelit Setelah Melahirkan? Ini Jawabannya

Reporter : Prisma Difta
Jumat, 11 September 2020 09:13
Kenapa Sih Ibu Selalu Merasakan Sembelit Setelah Melahirkan? Ini Jawabannya
Simak penjelasannya ya moms,

Setelah melahirkan, banyak dari ibu merasakan perut mulas seperti ingin buang hajat. Ternyata sembelit atau kontipasi yang hebat biasa dialami oleh ibu setelah hamil karena ada faktor fisiologis yang dapat mengganggu fungsi usus si ibu.

Dikutip dari Very Well Family, otot perut yang sebenarnya bisa memperlancar ibu untuk buang air besar menjadi tegang dan melemah. Hal itu yang menyebabkan saat setelah persalinan perut menjadi sedikit sakit.

 

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Sakit Perut © Diadona

Selain itu, Organ bergeser, hormon berfluktuasi, rahim menyusut kembali ke ukuran biasanya. Semua faktor ini dapat membuat urusan BAB benar-benar terganggu.

 

2 dari 2 halaman

Biasanya gangguan tersebut diperparahdengan diare dalam beberapa hari. Sebenarnya, banyak hal yang mempengaruhi pergerakan usus usai melahirkan, termasuk hormon, apa yang ibu rasakan, dan seberapa banyak ibu minum.

Untuk mencegah hal itu terjadi, biasanya dokter akan menyarankan ibu untuk melakukan perawatan pencegahan sepulang dari rumah sakit jika lebih dari empat hari ibu masih juga merasakan gejala.

Beri Komentar