Wanita Bertubuh Tinggi Ternyata Punya Peluang Hamil Anak Kembar Lebih Besar lho!

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 12 September 2020 06:30
Wanita Bertubuh Tinggi Ternyata Punya Peluang Hamil Anak Kembar Lebih Besar lho!
Ternyata, tinggi badan juga berpengaruh lho Moms!

Memiliki anak kembar memang berkah tersendiri ya Moms. Nggak sedikit nih pasangan yang memimpikan bisa memiliki anak kembar. Apalagi bila langsung cewek dan cowok, lengkap ya.

Berbicara mengenai anak kembar ini, ada satu fakta menarik lho Moms yang berhubungan dengan tinggi badan ibu. Yup, faktanya wanita yang bertubuh tinggi, cenderung memiliki anak kembar! Menarik, ya.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Perempuan © Diadona

Dikutip dari Live Science, fakta bahwa wanita yang lebih tinggi cenderung memiliki anak kembar ini sudah dikonfirmasi Moms oleh seorang peneliti spesialis kehamilan kembar.

Wanita yang lebih tinggi memiliki lebih banyak Insulin-like growth factor atau faktor pertumbuhan mirip insulin (IGF) yang dikaitkan dengan tinggi badan dan tingkat kehamilan kembar di penelitian sebelumnya.

2 dari 5 halaman

Ibu yang Tinggi Cenderung Memiliki Anak Kembar

Dr.Gary Steinman, dokter kandungan di Long Island Jewish Medical Center, New York juga membandingkan tinggi 125 wanita yang memiliki anak kembar dan 24 yang memiliki kembar tiga dengan tinggi rata-rata wanita Amerika Serikat.

Nah, ibu yang melahirkan dua anak kembar atau lebih rata-rata memiliki tinggi lebih dari satu inci Moms dari tinggi wanita umumnya. Studi ini sendiri dipublikasikan dalam Journal of Reproductive Medicine edisi September.

3 dari 5 halaman

Apa sih IGF?

Ilustrasi Anak Kembar © Diadona

Insulin-like growth factor atau faktor pertumbuhan mirip insulin (IGF) sendiri adalah protein yang dilepaskan oleh hati sebagai respons terhadap hormon pertumbuhan. Nah, IGF ini meningkatkan sensitivitas ovarium terhadap hormon perangsang folikel, sehingga meningkatkan ovulasi.

Selain itu, IGF ini juga menstimulasi sel-sel di batang tulang panjang untuk tumbuh Moms. Studi sebelumnya menemukan orang yang lebih pendek memiliki tingkat IGF yang lebih rendah. Sedangkan studi lainnya menunjukkan IGF bisa membantu embrio bertahan pada tahap awal perkembangan.

4 dari 5 halaman

Wanita yang Mengonsumsi Susu Kemungkinan Memiliki Anak Kembar

Sebuah penelitian mengungkap bahwa negara-negara dengan wanita yang memiliki tinggi badan lebih tinggi, punya tingkat kehamilan kembar yang juga lebih tinggi.

Nggak hanya tinggi badan, Steinman sebelumnya menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi produk hewani, khususnya produk susu, punya kemungkinan lima kali lebih besar lho Moms untuk punya anak kembar.

5 dari 5 halaman

Sapi sendiri seperti manusia, memproduksi IGF sebagai respons terhadap hormon pertumbuhan dan melepaskannya ke dalam darah dan IGF masuk ke dalam susu mereka.

So, itu dia informasi mengenai tinggi badan wanita yang jadi salah satu faktor memiliki anak kembar. Semoga bermanfaat, ya.

Beri Komentar