Benar Nggak sih Makan Es Krim saat Hamil Bisa Bikin Tambah Berat Badan Bayi?

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 29 Agustus 2020 10:30
Benar Nggak sih Makan Es Krim saat Hamil Bisa Bikin Tambah Berat Badan Bayi?
Benar nggak ya?

Mendengar nama es krim langsung teringat sensasi rasa dingin dan segarnya ya Moms. Es krim memang salah satu kudapan yang disukai banyak orang termasuk ibu hamil.

Berbicara tentang es krim dan ibu hamil, banyak yang beranggapan bahwa makan es krim selama kehamilan bisa menambah berat badan bayi. Kira-kira benar nggak ya hal ini? Berikut ulasannya, Moms.

1 dari 6 halaman

Ilustrasi ibu hamil makan es krim © Diadona

Melansir dari Halodoc, es krim bisa menambah berat badan bayi Moms. Pasalnya, kadar gula dan kalori dalam es krim cukup tinggi. Dalam 100 gram es krim, mengandung 16 gram gula dan 207 kalori. Karena itu Moms, mengonsumsi es krim saat hamil bisa menambah berat badan bayi.

Meski begitu, sebaiknya Moms nggak mengonsumsinya secara berlebihan ya untuk menghindari masalah kesehatan seperti diabetes gestasional, obesitas, sinusitis atau infeksi pernapasan, dan lainnya.

2 dari 6 halaman

Karenanya, ibu hamil nggak disarankan mengonsumsi banyak es krim terutama yang mengandung banyak gula untuk mengurangi risiko obesitas.

Selain itu selama kehamilan sangat disarankan Moms mengonsumsi makanan sehat dan sayangnya, es krim bisa dibilang nggak termasuk ke dalam makanan sehat. Nah, bila ingin menambah berat badan bayi dalam kandungan, Moms bisa mengonsultasikannya pada dokter.

3 dari 6 halaman

Tips Menambah Berat Badan Bayi

Berikut 6 tips yang bisa Moms coba untuk meningkatkan berat badan janin selama kehamilan. Apa saja itu?

1. Pola Makan yang Sehat dan Seimbang

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Makanan memainkan peranan penting dalam kehamilan Moms. Karena itu, makan makanan yang sehat dan seimbang seperti buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian dan daging sangat direkomendasikan bila Moms ingin menambah berat badan bayi.

2. Makan Kacang-Kacangan dan Buah Kering

Sertakan juga Moms kacang-kacangan dan buah-buahan kering seperti almond, aprikot, buah ara, kenari, kacang-kacangan serta buah-buahan kering lainnya dalam menu makan. Tapi tetap, jangan sampai berlebihan ya mengonsumsinya.

4 dari 6 halaman

3. Vitamin Prenatal

Biasanya, Moms akan diberikan vitamin prenatal untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi termasuk membantu menambah berat badan. Sebaiknya, Moms mengonsumsi vitamin ini secara teratur untuk mendapatkan berat badan janin yang optimal selama kehamilan.

4. Istirahat yang Cukup

Ilustrasi ibu hamil tidur dengan terlentang © Diadona

Istirahat yang cukup juga sangat penting saat hamil Moms. Terlalu lelah atau tekanan yang nggak perlu bisa memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan janin. Karena itu, usahakan Moms mendapat istirahat yang cukup ya dengan tidur minimal delapan jam sehari.

5 dari 6 halaman

5. Tetap Tenang Dan Positif

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Nggak hanya kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental juga nggak kalah penting Moms. Stres dan rasa cemas bisa memengaruhi Moms dan juga bayi dalam kandungan. Ledakan emosional ini juga bisa menyebabkan Moms jadi makan berlebihan atau malah kehilangan nafsu makan yang bisa memengaruhi kesehatan janin.

6. Konsultasi pada dokter

Dokter akan memberitahu dan memandu Moms bila bayi dalam kandungan nggak bertambah berat badannya. Mungkin Moms nantinya akan diminta untuk mengonsumsi suplemen tambahan atau melakukan perubahan pola makan untuk meningkatkan berat badan janin.

Beri Komentar