Sering Konsumsi Kacang Hijau saat Hamil Bisa Bikin Rambut Bayi Jadi Lebat, Emang Bener ya?

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 27 Agustus 2020 15:30
Sering Konsumsi Kacang Hijau saat Hamil Bisa Bikin Rambut Bayi Jadi Lebat, Emang Bener ya?
Bener nggak ya?

Bayi terlahir dengan rambut yang lebat memang menggemaskan. Nggak sedikit orang tua yang berharap nantinya bisa memiliki anak dengan rambut yang lebat ketika lahir.

Berbicara tentang hal ini, mungkin Moms sering mendengar anggapan bahwa mengonsumsi kacang hijau saat hamil bisa membuat rambut bayi jadi lebat. Tapi sebenarnya benar nggak ya mengonsumsi kacang hijau selama kehamilan bisa membuat rambut bayi jadi lebat?

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi © Diadona

Melansir dari Klik Dokter, bisa dibilang kacang hijau bukan jadi penentu lebat tipisnya rambut pada bayi Moms. Faktor penentu utama tetap pada genetik orang tua.

Meski begitu, kacang hijau bisa jadi salah satu faktor penunjang yang membantu pertumbuhan rambut bayi. Kenapa? Karena pertumbuhan rambut pada janin dipengaruhi oleh faktor gizi seperti vitamin B dan protein yangmana keduanya bisa Moms temukan dalam kacang hijau.

2 dari 3 halaman

Manfaat Kacang Hijau

Ilustrasi Bubur Kacang Hijau Sederhana © Diadona

Kacang hijau sendiri juga kaya gizi seperti protein, serat, zat besi, vitamin B, dan lainnya. Bahkan, mengonsumsi kacang hijau sangat disarankan selama kehamilan karena gizi pada kacang-kacangan ini bisa membantu tumbuh kembang janin.

Tak hanya itu, kacang hijau juga kaya akan asam folat yang penting bagi ibu hamil terutama pada awal trimester pertama. Pasalnya, asam folat ini bisa menunjang perkembangan sistem saraf janin sehingga mengurangi risiko bayi terlahir dengan kecacatan.

3 dari 3 halaman

Diimbangi dengan Makanan Lainnya

Untuk mendapat kebaikan kacang hijau ini perlu mengolahnya dengan benar Moms. Faktanya, kacang hijau sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk air rebusan atau bubur. Sebisa mungkin hindari kacang hijau maupun tauge yang belum matang ya Moms karena bisa meningkatkan risiko terinfeksi bakteri.

Meski kacang hijau mengandung banyak gizi dan direkomendasikan untuk dikonsumsi, tapi tetap Moms perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan lainnya agar memperoleg gizi yang seimbang selama kehamilan. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar