Konsumsi Makanan Pedas saat Hamil Bisa Bikin Bayi Lahir Botak, Mitos atau Fakta ya?

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 28 Agustus 2020 09:29
Konsumsi Makanan Pedas saat Hamil Bisa Bikin Bayi Lahir Botak, Mitos atau Fakta ya?
Kira-kira fakta atau hanya sekadar mitos ya Moms?

Selama kehamilan, tentu kita selalu menjaga pola makan dan memerhatikan berbagai makanan yang kita konsumsi. Berbicara tentang makanan selama kehamilan, mungkin Moms sering mendengar ya berbagai mitos tentang makanan salah satunya mengonsumsi makanan pedas bisa bikin rambut bayi jadi botak.

Kira-kira, anggapan ini benar-benar fakta atau hanya sekadar mitos ya Moms? Langsung saja kita simak ulasannya yang dilansir dari berbagai sumber di bawah ini yuk, Moms.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Jawabannya cuma mitos Moms. Sampai sekarang masih belom ada penelitian medis yang mengenai hubungan kedua hal itu. Lebat tipisnya atau botak rambut bayi dipengaruhi oleh faktor genetika orang tua.

Meski begitu, tetap jangan sampai mengonsumsi makanan pedas berlebihan selama kehamilan ya Moms karena berisiko mengalami mulas dan masalah pencernaan.

2 dari 5 halaman

Seperti pada trimester kedua, bila Moms mengonsumsi banyak makanan pedas akan meningkatkan gangguan pencernaan seperti mulas dan refluks asam.

Begitu juga pada trimester ketiga Moms, pertumbuhan bayi yang semakin besar bisa menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan dan mengonsumsi makanan pedas bisa memperburuk hal ini.

3 dari 5 halaman

Apa Risiko dan Efek Samping Makan Makanan Pedas selama Kehamilan?

Selain risiko di atas, berikut risiko dan efek samping lainnya yang bisa dialami ibu hamil saat makan makanan pedas. Apa saja ya?

1. Morning Sickness

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Morning sickness memang jadi gejala yang sangat umum ya Moms pada trimester pertama kehamilan karena perubahan hormonal. Nah, morning sickness ini bisa diperburuk dengan mengonsumsi makanan pedas.

4 dari 5 halaman

2. Mulas

Saat hamil, kemungkinan mengalami mulas dan masalah pencernaan lainnya tinggi Moms. Makanan pedas akan meningkatkan refluks asam dan memperparah mulas, terutama di trimester ketiga.

Bila Moms mengonsumsi makanan pedas, Moms bisa sekalian minum segelas susu untuk meminimalkan rasa mulas. Selain itu, madu juga bisa membantu mencegah mulas juga Moms setelah makan makanan pedas.

5 dari 5 halaman

Makanan pedas apa bisa membahayakan bayi ya?

Apakah makanan pedas aman untuk bayi? Jawabannya, aman Moms. Meski nggak berbahaya, mengonsumsi makanan pedas ini bisa memengaruhi selera bayi di kemudian hari lho Moms.

So, nggak ada pengaruh ya Moms sebenarnya dengan rambut bayi dan makanan pedas. Semoga membantu.

Beri Komentar