Apakah Moms Sering Begadang saat Hamil? Waspada Bahaya yang Mengintai

Reporter : Mila Ismiranda
Selasa, 26 Oktober 2021 11:57
Apakah Moms Sering Begadang saat Hamil? Waspada Bahaya yang Mengintai
Hayo, jangan keseringan begadang ya Moms.

Jam tidur yang buruk karena begadang memang berdampak negatif bagi kondisi fisik maupun psikologis seseorang. Bahkan, jika dilakukan dalam jangka panjang, begadang bisa berisiko terkena sejumlah penyakit kronis, mulai dari diabetes hingga penyakit jantung.

Sama halnya saat hamil, ketika Moms kurang tidur karena terlalu sering begadang, tentunya akan lebih membahayakan kesehatan diri sendiri dan juga janin.

Kathy Lee, salah seorang profesor dari University of California San Fransisco menyebutkan bahwa ibu hamil yang begadang di malam hari 4,5 kali lebih berisiko melalui proses persalinan panjang dibanding ibu hamil yang memiliki jam tidur yang cukup.

Apa lagi dampak negatif lainnya? Langsung simak aja ya, Moms!

1 dari 4 halaman

Memperlama Persalinan Normal

Begadang saat hamil berisiko memperlama proses persalinan normal dan semakin meningkatkan persalinan operasi caesar.

Menurut Badan Kesehatan Dunia, persalinan yang memakan waktu lama juga meningkatkan risiko bayi alami infeksi.

2 dari 4 halaman

Persalinan Prematur

Begadang saat hamil menjadi salah satu penyebab potensial bayi lahir prematur.

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kurang tidur bisa membahayakan sistem kekebalan tubuh dengan menyebabkan kelebihan produksi sitokin.

Kelebihan sitokin bagi ibu hamil bisa mempengaruhi kinerja pembuluh darah di tulang belakang yang mengarah ke plasenta, sehingga bisa meningkatkan kemungkinan melahirkan secara prematur dan membuat depresi ibu hamil.

3 dari 4 halaman

Preeklampsia

Center For Perinatal studies, Swedish Medical Center, melakukan penelitian mengenai hubungan antara tidur dan kehamilan, yang mana disebutkan bahwa ibu hamil yang tidur kurang dari enam jam di malam hari memiliki risiko terhadap peningkatan tekanan darah sistolik 4 mmHg lebih tinggi dibanding ibu hamil yang tidur dalam waktu normal.

Kondisi tekanan darah yang tinggi juga berisiko Moms menderita pre-eklampsia meningkat menjadi sembilan kali lebih tinggi.

4 dari 4 halaman

Mulai Atur Pola Tidur

Agar tidak keseringan begadang, Moms bisa mulai mengatur pola dan jam tidur.

Moms bisa melakukan berbagai cara seperti melakukan tidur siang, aktif bergerak agar malam hari lebih cepat lelah dan mengantuk, menghindari stres, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan membuat rutinitas tidur.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar