6 Pekerjaan Rumah Tangga yang Tak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Muda, Catet Moms!

Reporter : Mila Ismiranda
Senin, 25 Oktober 2021 11:57
6 Pekerjaan Rumah Tangga yang Tak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Muda, Catet Moms!
Hayo, Moms jangan kerja yang berat-berat ya.

Kehamilan adalah salah satu fase membahagiakan bagi seorang perempuan selama hidupnya.

Demi menjaga kesehatan kandungan dan juga janin dalam perut, ibu hamil haruslah menjaga kesehatan dan asupan nutrisi selama masa kehamilan.

Tak hanya itu, Moms yang hamil muda juga sebaiknya membatasi pekerjaan rumah tangga. Moms tidak boleh melakukan berbagai aktivitas yang memberatkan. Hal ini dikhawatirkan bisa mengganggu kesehatan janin dalam kandungan.

1 dari 5 halaman

Pekerjaan yang Melibatkan Produk Bahan Kimia

Ilustrasi Ibu Rumah Tangga HamilIlustrasi Ibu Rumah Tangga Hamil © Shutterstock

Meski naluri seorang ibu rumah tangga tak tertahankan, tapi semua kegiatan bersih-bersih rumah dengan bahan kimia (seperti membersihkan wc dengan karbol) ternyata berbahaya bagi ibu hamil.

Pasalnya, pembersih toilet yang menguap dan terhirup oleh ibu hamil bisa membahayakan dan membuat janin menjadi terlahir cacat.

Jika ingin membersihkannya, gunakanlah pembersih berbahan alami seperti soda kue, cuka, dan asam borat sebagai obat semprot untuk membunuh serangga.

2 dari 5 halaman

Membersihkan Tempat Sampah dan Kandang Hewan

Saat hamil hindari pekerjaan-pekerjaan kotor seperti membersihkan tempat sampah ataupun kandang hewan peliharan.

Hal itu karena ibu hamil rentan terinfeksi toksoplasmosis, yang bisa mengakibatkan terancamnya nyawa Moms maupun janin yang dikandungnya. Toksoplasma biasanya berasal dari bangkai dan juga kotoran hewan.

Pasalnya ini bisa menyebabkan kerusakan sistem saraf dan otak pada janin dalam kandungan. Efek dari infeksi ini beragam, mulai dari cacat lahir hingga kerusakan struktural dan neurologis jangka panjang.

3 dari 5 halaman

Mengepel Lantai

Mengepel lantai adalah pekerjaan rumah tangga dasar yang sebenarnya tidak berbahaya. Tapi saat hamil, mengepel lantai adalah pekerjaan yang harus dilakukan dengan hati-hati atau lebih baik dihindari.

Mengepel bisa menimbulkan rasa pegal pada pinggul dan peradangan saraf siatik. Posisi saat mengepel bisa memberikan tekanan pada janin dan membuat kehamilan menjadi berisiko.

4 dari 5 halaman

Mengecat

Pekerjaan yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil muda selanjutnya adalah mengecat. Bahan kimia yang terkandung di dalam cat bisa berbahaya bagi kesehatan janin. Nah, alangkah baiknya jika pekerjaan ini dilakukan oleh Pap sajaa atau dilakukan kalau bayi sudah lahir.

5 dari 5 halaman

Memindahkan Barang Berat

Mengangkat benda berat adalah hal yang sering dilakukan oleh ibu rumah tangga saat suami tidak ada di rumah. Mulai dari mengangkat tabung gas, ember yang berisi cucian basah, bahkan mengangkat galon ke dispenser.

Saat hamil, hindari pekerjaan rumah yang mengharuskan Moms untuk mengangkat benda berat. Pasalnya, hal tesebut menyebabkan cedera punggung bahkan bisa menyebabkan kontraksi yang bisa berisiko bayi lahir prematur dan keguguran.

Jadi, jangan lupa terus jaga kesehatan Moms dan janin dalam kandungan ya.

Beri Komentar