Tetap Aman dan Nyaman, Ini 6 Tips Bepergian Pasca Melahirkan

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 10 Desember 2020 12:30
Tetap Aman dan Nyaman, Ini 6 Tips Bepergian Pasca Melahirkan
Ini dia sederet hal yang perlu Moms perhatikan sebelum bepergian pasca melahirkan.

Setelah melahirkan, kadang ada saatnya Moms terpaksa harus bepergian. Meski kadang menimbulkan rasa khawatir, sebenarnya nggak ada aturan khusus Moms seberapa cepat ibu bisa bepergian pasca melahirkan. Tapi biasanya ibu dianggap cukup pulih setelah 40 hari pasca melahirkan. 

Meski begitu, tentu kondisi setiap wanita berbeda. Terlebih, bila Moms melahirkan secara caesar, biasanya pemulihan akan cenderung lebih lama. Bila Moms sedang nggak mengalami komplikasi pasca persalinan dan ingin bepergian, berikut ini Diadona sajikan tips yang perlu Moms perhatikan sebelum melakukan perjalanan.

Apa saja tipsnya? Langsung saja yuk kita simak sederet tipsnya berikut ini.

1 dari 6 halaman

Konsultasi Lebih Dulu pada Dokter

Ilustrasi pasangan konsultasi ke dokter © Diadona

Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan Moms berkonsultasi lebih dulu pada dokter ya untuk memastikan kondisi Moms memang aman untuk bepergian.

Seperti yang kita tahu, tubuh setiap orang berbeda. Beberapa ibu mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih dari persalinan. Selain itu, bila Moms mengajak buah hati yang baru lahir, sistem kekebalan bayi masih berkembang dan rentan terkena infeksi.

Karena itu, dianjurkan agar Moms berkonsultasi lebih dulu pada dokter sebelum melakukan perjalanan jauh.

2 dari 6 halaman

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Ilustrasi wanita bepergian pasca melahirkan © Diadona

Meski terkesan sederhana, memakai pakaian yang nyaman saat perjalanan juga nggak kalah penting Moms. Bepergian apalagi bila jauh mungkin bakal membebani tubuh setelah melahirkan. Karena itu, penting memakai dan membawa pakaian yang nyaman.

3 dari 6 halaman

Tunggu Waktu yang Tepat

Ilustrasi wanita bepergian pasca melahirkan © Diadona

Bila Moms melahirkan secara normal, sebaiknya Moms menunggu satu sampai dua minggu pasca melahirkan bila ingin melakukan perjalanan. Lain lagi bila Moms melahirkan secara caesar, disarankan agar Moms nggak bepergian selama satu bulan pertama. Pasalnya, luka jahitan pasca caesar perlu perawatan.

Menurut ahli obstetri Russell Turk, sebagai besar komplikasi dari persalinan pervaginam atau normal muncul dalam satu atau dua minggu pertama dan komplikasi pasca operasi caesar paling sering terjadi dalam beberapa hari.

Saat Moms melewati jangka waktu itu, kemungkinan besar Moms bisa terhindari dari efek samping yang mungkin ditimbulkan pasca persalinan.

4 dari 6 halaman

Temukan Rumah Sakit Terdekat

Ilustrasi Lorong Rumah Sakit © Diadona

Untuk berjaga-jaga, nggak ada salahnya Moms mengetahui mana saja rumah sakit terdekat dari lokasi tujuan. Hal ini dimaksudkan agar Moms bisa segera mendapat perawatan jika terjadi sesuatu yang nggak diinginkan. Jadi, pastikan Moms tahu rumah sakit mana saja yang terdekat dan bisa jadi rujukan, ya.

5 dari 6 halaman

Pertimbangkan Jarak Perjalanan

ilustrasi naik pesawat © Diadona

Jarak juga perlu jadi pertimbangan Moms. Ada baiknya bila Moms ingin melakukan perjalanan, pastikan jahitan sudah kering dan selalu waspada. Bila ingin bepergian jauh, maka Moms perlu berkonsultasi lebih dulu pada dokter.

6 dari 6 halaman

Bawa Semua Catatan Medis

Satu hal lagi yang nggak kalah penting, catatan medis. Pastikan Moms sudah mengemas semua catatan medis di tas agar sudah siap sedia jika dibutuhkan. Tentu Moms nggak ingin kebingungan dong saat hal itu dibutuhkan.

Nah, itu dia 5 tips yang perlu Moms perhatikan saat harus bepergian pasca melahirkan. Selama perjalanan jangan lupa minum banyak cairan ya Moms agar tubuh tetap terdehidrasi. Semoga membantu.

Beri Komentar