Aman Nggak sih Ibu Hamil Kerja Depan Laptop Seharian?

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 27 Januari 2021 15:30
Aman Nggak sih Ibu Hamil Kerja Depan Laptop Seharian?
Ada dampaknya bagi si kecil nggak ya?

Saat hamil, biasanya ibu akan cenderung menghindari berbagai aktivitas yang bisa membahayakan kandungan. Karena itu, nggak sedikit juga ibu hamil yang merasa khawatir dengan efek menggunakan komputer atau laptop, terutama bagi mereka yang setiap hari bergulat dengan laptop.

Sepeti halnya ponsel, komputer dan laptop juga dipercaya memancarkan radiasi. Tapi, sebenarnya aman nggak sih bekerja depan laptop sepanjang hari bagi bumil? Yuk, kita simak ulasannya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Aman Nggak ya?

Ilustrasi ibu hamil bekerja © Diadona

Dikutip dari Baby Center, tenang Moms, aman kok jika Moms harus menggunakan laptop selama kehamilan meski memang benar komputer dan laptop memancarkan radiasi.

Tapi, radiasi yang dipancarkan komputer adalah radiasi gelombang mikro tingkat menengah, bukan sinar x. Radiasi gelombang mikro bersifat non-ionisasi. Paparan radiasi ini nggak akan membuat Moms mengalami keguguran ataupun risiko cacat lahir pada bayi.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi ibu hamil bekerja © Diadona

Bila Moms menggunakan laptop dalam pangkuan, pilihan terbaik yakni meletakkannya di bagian paha daripada perut tapi akan lebih baik lagi bila Moms menaruhnya di meja.

Pasalnya, laptop menghasilkan panas. Meski begitu, sebenarnya panas dari laptop juga nggak cukup untuk meningkatkan suhu inti tubuh ke tingkat berbahaya yang bisa berdampak buruk pada bayi.

3 dari 5 halaman

Risiko Terlalu Lama Duduk saat Hamil

Ilustrasi ibu hamil bekerja © Diadona

Tapi, perlu diperhatikan ya Moms untuk menghindari duduk terlalu lama saat hamil. Duduk terlalu lama sendiri bisa berdampak buruk bagi bumil.

Terlalu banyak duduk saat hamil bisa meningkatkan risiko Moms mengalami diabetes gestasional, obesitas, stres, nyeri tulang belakang sekaligus perut, dan penggumpalan darah.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi ibu hamil berdiri © Diadona

Karena itu, saat menggunakan laptop disarankan Moms bangun dan jalan-jalan setiap satu jam sekali atau lebih. Hal ini bertujuan agar menjaga darah Moms tetap mengalir dengan lancar.

Bisa dibilang Moms nggak perlu khawatir jika harus menggunakan komputer atau laptop saat hamil. Selama Moms merasa nyaman, artinya Moms nggak mengalami masalah fisik.

Beri Komentar