Konsumsi Wijen saat Hamil Bisa Bikin Keguguran, Mitos atau Fakta?

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 26 Januari 2021 13:30
Konsumsi Wijen saat Hamil Bisa Bikin Keguguran, Mitos atau Fakta?
Benar bisa bikin keguguran nggak ya?

Saat hamil tentu bumil bakal lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Nggak sedikit, ibu hamil yang jadi membatasi atau bahkan menghindari mengonsumsi makanan tertentu yang dianggap berbahaya bagi janin.

Salah satu makanan yang dianggap nggak aman bagi bumil adalah biji wijen. Mengonsumsi biji wijen saat hamil dipercaya bisa menyebabkan keguguran atau persalinan prematur.

Kira-kira anggapan ini fakta atau hanya sekadar mitos ya Moms? Dikutip dari Parenting Firstcry, yuk kita simak ulasannya Moms.

1 dari 4 halaman

Mitos atau Fakta?

Ilustrasi biji wijen © Diadona

Jawabannya, mitos Moms karena sampai saat ini masih belum ada bukti ilmiah yang mendukung anggapan biji wijen bisa menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Meski begitu, tetap saja jangan sampai berlebihan ya dalam mengonsumsinya.

Faktanya, malah biji wijen dianggap sebagai makanan yang sehat di berbagai negara. Hal ini nggak lepas dari nutrisi baik pada biji wijen seperti zat besi, asam oksalat, asam amino, protein, vitamin B, C, E dan antioksidan yang memberi banyak manfaat bagi Moms dan bayi.

Selain itu, biji wijen juga kaya akan kalsium sehingga baik bagi Moms yang mungkin seorang vegetarian atau menghindari makanan tertentu seperti kacang-kacangan atau susu.

2 dari 4 halaman

Apa Saja sih Manfaat Mengonsumsi Biji Wijen?

Ilustrasi biji wijen © Diadona

Mengonsumsi biji wijen saat hamil sebenarnya punya banyak manfaat lho Moms. Apa saja manfaatnya?

1. Kandungan protein dan asam amino dalam biji wijen sangat baik untuk menunjang pertumbuhan janin.

2. Biji Wijen yang kaya akan serat bisa membantu pencernaan selama kehamilan dan mengatasi sembelit.

3. Mengandung asam oleat yang bisa menjaga menekan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

4. Biji Wijen mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh dan mencegah penyakit.

5. Kandungan asam folat pada biji wijen bisa membantu mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Tapi, meski dibilang biji wijen aman dikonsumsi oleh bumil tapi akan lebih baik bila Moms mengonsultasikan hal ini pada dokter lebih dulu mengingat setiap kondisi ibu berbeda.

Terutama, bila Moms alergi terhadap wijen. Sangat disarankan buat Moms menghindari mengonsumsi jenis biji-bijian satu ini dalam bentuk apapun ya.

Bila Moms merasa mual, tunggu sampai mual Moms mereda. Begitu juga jika Moms mengalami sakit perut setelah mengonsumsi biji wijen, sebaiknya Moms berhenti memakannya ya.

4 dari 4 halaman

Sebenarnya, nggak masalah bila Moms menghindari memasukan wijen dalam daftar makanan. Paling ppenting, Moms harus berusaha makan makanan yang bervariasi untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan ibu dan si kecil.

Jadi, anggapan mengonsumsi biji wijen bisa sebabkan keguguran hanya mitos ya Moms. Semoga membantu.

Beri Komentar