Kram Perut setelah Melahirkan? Ini 5 Tips Mengatasinya

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 25 Januari 2021 16:30
Kram Perut setelah Melahirkan? Ini 5 Tips Mengatasinya
Simak tips mengatasinya berikut ini yuk, Moms.

Moms merasa kram perut setelah melahirkan? Tenang Moms, hal ini normal terjadi kok pada ibu setelah melahirkan. Kondisi ini sering disebut kram perut pasca melahirkan atau kadang disebut "nyeri lanjutan".

Lalu, gimana sih cara mengatasi kram perut pasca melahirkan ini? Dikutip dari Healthline, langsung saja yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

1 dari 7 halaman

Tips Mengatasi Kram Pasca Melahirkan

Bila saat ini Moms sedang dalam kondisi ini, berikut ada sederet tips yang bisa Moms coba untuk mengatasi kram perut pasca melahirkan.

1. Relaksasi

Ilustrasi Wanita Menarik Napas © Diadona

Saat Moms merasa nyeri, coba untuk melakukan latihan pernapasan beberapa kali. Cara ini bisa membantu Moms mengatasi rasa sakit akibat kram ini dengan lebih tenang.

2. Kompres Perut dengan Air Hangat

Bantalan pemanas atau botol air panas yang diletakkan pada perut juga bisa membantu Moms meredakan nyeri. Moms bisa melakukan ini sembari berbaring dan meletakkan bantalan kompres di bagian bawah perut atau pada bagian yang terasa nyeri.

2 dari 7 halaman

3. Rutin Buang Air Kecil

Cara selanjutnya yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi kram perut pasca melahirkan ini yakni dengan buang air kecil sesering mungkin atau jangan menahannya.

Karena, bila Moms menahan buang air kecil, kandung kemih yang penuh bakal menghambat kontraksi rahim sehingga kram perut akan semakin terasa nyeri.

3 dari 7 halaman

4. Pijat Perut secara Lembut dan Perlahan

Memijat perut secara lembut dan perlahan bisa membantu Mom mengatasi rasa nggak nyaman akibat kram. Dengan memijatnya secara perlahan, kram perut yang Moms rasakan akan menghilang dengan sendirinya.

5. Jalani Pola Hidup Sehat

Ilustrasi wanita olahraga © Diadona

Mengubah gaya hidup jadi lebih sehat juga bisa membantu. Moms bisa mencoba melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki dan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Selain itu, jangan lupa minum cukup air ya Moms untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

4 dari 7 halaman

Apa sih Penyebab Kram Perut Pasca Melahirkan?

Alasan paling umum yang menyebabkan Moms mengalami kram perut pasca melahirkan yakni rahim yang berkontraksi untuk menyusut ke ukuran aslinya. Nah, saat berkontraksi ini, tubuh juga akan bekerja untuk menekan pembuluh darah di rahim untuk mencegah terlalu banyak pendarahan.

Kontraksi saat Moms mengalami kram prut pasca melahirkan ini seperti versi mini dari kontraksi persalinan dan nggak jarang disebut dengan " nyeri lanjutan" karena Moms mengalami hal ini setelah melahirkan si kecil.

5 dari 7 halaman

Ilustrasi kram pasca melahirkan © Diadona

Kram perut pasca melahirkan ini mungkin terasa sangat mirip dengan kram saat Moms menstruasi, dari yang ringan sampai mungkin berat, dan cenderung terasa pada kehamilan kedua atau ketiga.

Kondisi ini umumnya dirasakan ibu dalam beberapa hari pertama setelah melahirkan. Tapi tenang Moms, kram ini cenderung bakal berangsur-angsur hilang setelahnya.

Nggak hanya dialami oleh ibu yang melahirkan secara normal atau pervaginam, kram perut pasca melahirkan ini juga dialami Moms yang melahirkan secara caesar juga lho. Jadi, terlepas dari apapun metode persalinan Moms, kram ini tetap bisa terjadi.

6 dari 7 halaman

Berapa Lama sih Kram Perut Pasca Melahirkan Ini Berlangsung?

Ilustrasi kram perut © Diadona

Biasanya, kram perut pasca melahirkan ini bakal mencapai puncak intensitasnya pada hari ke-2 dan ke-3 setelah Moms melahirkan si kecil. Lalu, ia akan berlanjut selama minggu pertama sampai 10 hari setelah melahirkan atau sampai rahim kembali ke ukuran semula.

Tapi, Mom juga perlu waspada ya jika mengalami kram yang disebabkan oleh kondisi lain seperti sembelit atau infeksi. Biasanya, kram yang disebabkan oleh kondisi ini akan terus berlanjut bila tanpa pengobatan.

7 dari 7 halaman

Karena itu, bila Moms merasa kram perut setelah melahirkan segera periksa ke dokter ya agar bisa mendapat perawatan secepatnya.

Nah, itu dia sederet cara yang bisa Moms coba jika mengalami kram perut pasca melahirkan. Semoga membantu.

Beri Komentar