Perlu Diperhatikan, Ini Posisi Tidur Terbaik Bagi Ibu Hamil

Reporter : Devi Puspitasari
Minggu, 24 Januari 2021 06:30
Perlu Diperhatikan, Ini Posisi Tidur Terbaik Bagi Ibu Hamil
Biasanya Moms saat tidur miring di sisi mana nih?

Seiring kehamilan, tidur nggak lagi jadi perkara yang mudah bagi kebanyakan Bumil. Selain lebih sering terbangun karena buang air kecil, mencari posisi tidur yang nyaman juga jadi tantangan tersendiri.

Nggak bisa dipungkiri mencari posisi tidur yang nyaman penting bagi bumil untuk menunjang kualitas tidur yang baik. Lalu, posisi tidur seperti apa sih yang baik bagi bumil?

1 dari 3 halaman

Ilustrasi ibu hamil tidur dengan terlentang © Diadona

Selama kehamilan, mungkin Moms sering mendengar ya bila sebaiknya bumil menghindari tidur secara telentang, terutama setelah trimester pertama. Apa sih alasannya?

Dikutip dari Verywell Family, hal ini karena saat Moms tidur telentang, berat rahim saat hamil bisa menurunkan aliran darah ke vena cava atau vena yang bertugas membawa darah dari bagian bawah tubuh ke jantung. Kondisi ini bisa berisiko menurunkan aliran darah ke rahim termasuk ke bayi.

2 dari 3 halaman

Posisi Tidur Terbaik

Ilustrasi ibu hamil tidur © Diadona

Karena itu, mengapa tidur miring ke samping kiri jadi pilihan terbaik saat hamil. Karena, saat tidur dalam posisi ini, vena cava bakal mengalir sedikit ke arah kanan tulang belakang. Selain itu, posisi hati juga berada di sisi kanan. Jadi, bisa dikatakan tidur di sisi kiri bisa membantu janin agar nggak menekan orang itu.

Meski begitu, sebenarnya nggak jadi masalah besar juga bila Moms lebih menyukai tidur miring ke sisi kanan. Tapi kembali lagi, tidur miring ke kiri adalah posisi terbaik bagi bumil yang banyak direkomendasikan oleh dokter.

3 dari 3 halaman

Lalu, gimana nih bila Moms mengalami insomnia selama kehamilan?

Ilustrasi ibu hamil tidur © Diadona

Insomnia jadi hal yang umum dialami bumil. Karena itu, posisi tidur bisa berperan penting dalam seberapa baik kualitas tidur Moms.

Bila Moms jadi salah satu bumil yang sedang berjuang mengatasi insomnia, Moms bisa mencoba beberapa tips seperti membaca buku sebelum tidur, makan camilan sehat, atau mandi air hangat. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar