Waspadai Tanda-tanda Hamil Anggur ya, Moms!

Reporter : Mila
Selasa, 26 Januari 2021 18:57
 Waspadai Tanda-tanda Hamil Anggur ya, Moms!
Apa sih Hamil Anggur itu?

Kehamilan adalah momen yang membahagiakan untuk calon ibu dan ayah. Tapi, gak sedikit kehamilan yang berakhir duka dan harus digugurkan karena beberapa masalah kesehatan atau bahkan kondisi janin yang tidak berkembang.

Nah kondisi inilah yang lebih dikenal dengan nama hamil anggur. Melansir Southern Cross Medical Library, kehamilan anggur atau istilah medisnya mola hodatidosa terjadi ketika jaringan di sekitar sel telur yang dibuahi tumbuh secara tidak normal.

Wanita yang hamil anggur biasanya sama seperti kehamilan pada umumnya, yaitu saat melakukan tes kehamilan hasilnya positif. Gejala awalnya pun yang sama seperti kehamilan normal.

Lalu bagaimana cara membedakan hamil normal dan hamil anggur? Simak yuk tanda-tandanya!

1 dari 5 halaman

Pertumbuhan Rahim Lebih Cepat

Biasanya hamil anggur akan membuat rahim mengalami ukuran yang tidak normal, bahkan tidak sesuai dengan usia kehamilan. Perut wanita yang hamil anggur akan lebih besar dari wanita dengan kehamilan yang normal.

2 dari 5 halaman

Ada Benjolan

Saat meraba vagina akan terasa benjolan seperti kista yang menyerupai anggur. Kalau hal ini terjadi, segera konsultasikan dokter kandungan, Moms.

3 dari 5 halaman

Janin Kosong

Saat melakukan pemeriksaan kehamilan (USG) tidak hanya janin yang tidak berkembang, bahkan biasanya tidak ada pula gerakan ataupun detak jantung yang terdeteksi.

Kalau hal ini terjadi setelah pemeriksaan lebih dari dua kali, maka patut curiga ini tanda hamil anggur.

4 dari 5 halaman

Kadar HCG yang Sangat Tinggi

Hormon kehamilan yang dibuat oleh plasenta atau yang kita kenal dengan istilah HGC (Human Chorionic Gonadotropin) meningkat sangat pesat melebihi wanita dengan kehamilan yang normal.

5 dari 5 halaman

Hipertiroidisme

Produksi hormon tiroid yang berlebihan sehingga menghasilkan banyak hormon tiroksin. Hal ini bisa menyebabkan wanita yang hamil anggur mengalami penurunan berat badan dan peningkatan nafsu makan.

Itu tadi tanda-tanda khusus yang biasa dialami saat hamil anggur. Kalau hal ini terjadi biasanya dokter akan melakukan prosedur pada kehamilan anggur dan merekomendasikan menunda kehamilan selama enam bulan hingga satu tahun untuk mencegah risiko yang tidak diinginkan.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar