Pengertian Promosi, Jenis, Fungsi, dan Tujuan dalam Pemasaran

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 17 Juni 2020 10:07
Pengertian Promosi, Jenis, Fungsi, dan Tujuan dalam Pemasaran
Promosi adalah pemberitahuan atau menyebarluaskan suatu produk maupun jasa kepada calon konsumen agar tertarik untuk membelinya.

Promosi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu maupun kelompok dalam menawarkan barang atau jasa kepada masyarakat.

Sedangkan menurut ahli pemasaran, promosi adalah upaya membujuk yang dilakukan seseorang untuk menerima produk, konsep dan gagasan.

Sementara itu, menurut Wikipedia, promosi adalah menawarkan sebuah produk atau jasa pada masyarakat untuk untuk membeli atau mengkonsumsinya.

Sehingga, tujuan seseorang melakukan promosi adalah untuk mendapatkan kenaikan angka penjualan dan meningkatkan profit pada produsen atau distributor.

Nah, supaya kamu lebih paham definisi dari promosi, langsung saja simak ulasan di bawah ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Promosi Kesehatan

Promosi adalah © Diadona

Promosi kesehatan merupakan upaya dalam memasarkan atau menyampaikan pesan-pesan kesehatan kepada masyarakat agar menjadikan gaya hidup mereka lebih optimal.

Maksud dari gaya hidup optimal didefinisikan sebagai kesehatan fisik, emosi, spiritual, dan intelektual, yang diharapkan bisa mendukung dalam membuat keputusan yang sehat.

Sedangkan, menurut SK Menkes No. 1193/Menkes/SK/X/2014, promosi kesehatan adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menolong dirinya sendiri yang didukung oleh kebijakan publik yang berwawasan kesehatan.

Sehingga tujuan dari promosi kesehatan adalah menciptakan perilaku dan lingkungan yang kondusif bagi kesehatan masyarakat.

2 dari 5 halaman

Media Promosi

Promosi adalah © Diadona

Media promosi adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi untuk membujuk dan mempengaruhi konsumen, agar membeli produk yang ditawarkannya.

Tujuan dari media promosi adalah untuk memperoleh pelanggan baru, menjaga loyalitas konsumen, mendapatkan penjualan dan profit/ laba, dan membuat citra produk dimata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

Adapun jenis media promosi adalah brosur, internet, banner, televisi, poster, dan merchandise (tote bag, calender, mug).

Sehingga, manfaat yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan media promosi adalah mengetahui secara lengkap produk yang ditawarkan sehingga perusahaan juga bisa menyediakan semua permintaan konsumen yang dibutuhkan saat ini.

3 dari 5 halaman

Bauran Promosi

Promosi adalah © Diadona

Promotion mix atau bauran promosi adalah kumpulan strategi dari beberapa variabel yang semuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan.

Variabel-variabel yang terdapat dalam bauran promosi adalah periklanan, personal selling, dan sales promotion.

a. Periklanan

Periklanan (Advertising) merupakan salah satu alat dari variasi promosi yang paling banyak digunakan oleh perusahaan atau pemasar dalam menjual atau meningkatkan penjualan dengan menyampaikan informasi tentang barang tersebut.

4 dari 5 halaman

b. Promosi Penjualan (Sales Promotion)

Promosi penjualan merupakan kumpulan alat-alat intensif yang dirancang untuk mendorong masyarakat dalam membeli suatu produk.

Promosi penjualan biasanya dilakukan dengan cara pemberian diskon, kupon atau sampel produk.

c. Penjualan Tatap Muka (Personal Selling)

Usaha yang ditujukan dalam memperkenalkan suatu produk melalui tatap muka atau komunikasi secara langsung, supaya customer mudah tertarik pada produk yang ditawarkan.

5 dari 5 halaman

Promosi Penjualan

Promosi adalah © Diadona

Untuk menentukan keberhasian suatu pemasaran, tentu hal yang perlu kamu perhatikan adalah promosi penjualan (sales promotion).

Promosi penjualan adalah kegiatan komunikasi antara perusahaan dan konsumen untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan membeli yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Menurut Kotler dan Armstrong dalam buku Prinsip-prinsip Pemasaran (2001) tujuan dari promosi penjualan ini bervariasi sangat luas, adapun diantaranya:

1. Mendapatkan lebih banyak dukungan armada penjualan dalam produk sekarang atau produk yang baru.
2. Penjual bisa menggunakan promosi konsumen untuk meningkatkan penjualan jangka pendek dan jangka panjang.

Intinya, promosi adalah menawarkan atau menyebarluaskan suatu barang atau jasa kepada calon konsumen, agar calon konsumen tersebut melakukan pembelian.

Beri Komentar