Apa Itu Retail? Berikut Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 2 Juni 2020 12:01
Apa Itu Retail? Berikut Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya
Retail adalah penjualan barang atau penawaran jasa secara langsung kepada konsumen dan bukan untuk dijual kembali.

Retail adalah kegiatan pemasaran baik barang maupun jasa, yang dilakukan secara eceran atau satuan langsung kepada konsumen.

Sehingga retail adalah perantara pemasaran yang menghubungkan antara grosir besar dengan konsumen yang membeli dalam jumlah kecil.

Selain itu, ada beberapa pengertian retail menurut para ahli, diantaranya adalah:

1. Berman dan Evans, Retail adalah suatu usaha bisnis untuk memasarkan barang atau juga jasa kepada konsumen yang menggunakan sebagai keperluan pribadi.

2.  Levy dan Weitz, Retail adalah kegiatan bisnis dalam menambah nilai, berupa barang serta jasa yang dijual kepada konsumen.

Nah, untuk mengerti leih jauh tentang retail langsung saja simak ulasan berikut ini.

1 dari 4 halaman

Perusahaan Retail

Retail adalah © Diadona

Perusahaan retail adalah perusahaan yang mengelola bisnis penjualan barang maupun jasa secara langsung kepada masyarakat yang mengonsumsi produk yang dijual.

Namun sampai saat ini masih banyak yang beranggapan kalau retail hanya menjual produk di toko. Padahal, wujud ritel sebenarnya beragam, tidak cuma berupa toko atau warung yang ada di komplek rumah kita, ya.

Sehingga bisnis retail yang biasa dikenal sebagai pengecer sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, hal ini membuat distribusi barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat lebih mudah dijangkau.

Untuk itu berikut fungsi dari dari perusahaan retail adalah:

- Memudahkan konsumen daam memilih produk yang diinginkan.
- Bisa membeli barang dari produsen dalam jumlah besar.
- Memberikan layanan jual suatu produk serta menangani keluhan konsumen.

2 dari 4 halaman

Harga Retail

Retail adalah © Diadona

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, retail adalah penjualan dari jumlah kecil komoditas yang dilakukan langsung kepada konsumen.

Sebelum kamu membangun sebuah usaha retil, kamu juga harus paham tentang harga retail, mulai dari strategi dan cara menghitungnya.

Harga retail adalah masing-masing retailer yang menawarkan produk dengan bervariasi, mulai dari murah hingga mahal di setiap merek.

Selain itu, pengecer yang menawarkan harga tinggi biasanya memberikan pelayanan khusus atau promo menarik. Umumnya Specialty dan Department Store menerapkan cara seperti ini dalam memasarkan produknya.

Namun, beberapa pengecer lebih memilih menjual produk yang sama dengan harga yang lebih murah. Biasanya yang dijual meliputu barang-barang rumah tangga dengan harga diskon.

3 dari 4 halaman

Retail Engagement Executive

Retail adalah © Diadona

Apa sih Retail Engagement Executive itu? Dan bagaimana sih job desknya? Tentu pertanyaan itu muncul dari benak para job seekers saat membaca lowongan kerja.

Retails Engagement Executive adalah pelaksana perjanjian secara eceran yang artinya seorang REE tidak melakukan penjualan dalam skala besar seperti yang dilakukan oleh kebanyakan sales pada sebuah produk.

Singkatnya, seorang REE bertugas untuk menjalin sebuah kerja sama dengan costumers, jadi bukan hanya sekedar menjual produk seperti tugas sales pada umumnya.

Jadi, kalau kamu ingin melamar pekerjaan sebagai REE di suatu perusahaan karena beranggapan memiliki gaji besar atau lainnya, sebaiknya berpikir-pikirlah dengan matang terlebih dahulu.

4 dari 4 halaman

Bisnis Retail

Retail adalah © Diadona

Bisnis retail adalah penghubung antara pihak pabrikan dan konsumen, yang artinya retil dianggap bagian penting dalam supply chain, untuk membantu pabrikan dengan konsumen walaupun tanpa ada interaksi langsung.

Selain itu fungsi dari bisnis retail adalah sebagai ujung tombak pemasaran produk, membantu dalam promosi produk, observasi pasar, serta memudahkan konsumen mendapatkan produk.

Bahkan, karakteristik bisnis retail adalah melayani konsumen dalam jumlah masif dan tak jarang melibatkan banyak produk di dalamnya, untuk itu berikut jenis-jenis bisnis ritel yang perlu kamu ketahui:

1. Toko serba ada
2. Pengecer non-toko
3. Toko khusus yang menjual satu jenis produk atau layanan saja

Intinya, retail adalah kegiatan usaha dalam menjual berbagai barang maupun jasa.

Beri Komentar